Lance Blenny, Si Penghuni Lubang Karang

Ikan lucu nan unik ini, adalah salah satu jenis ikan blenny. Mempunyai ciri berwarna putih dengan garis gelap dari mata ke sirip ekor. Ikan ini memiliki tubuh memanjang dengan sirip punggung berbasis panjang. Mulutnya berada di bagian perut bawah moncong bulat.

Lance Blenny terlihat mirip dengan Cleanerfish False tetapi dapat dibedakan dengan bentuk moncong dan warna garis di kepala di belakang mata. Lance Blenny juga memiliki moncong bulat dengan garis coklat polos di belakang mata. Sedangkan Cleanerfish memiliki moncong runcing dan garis kebiruan biasanya dengan margin gelap.

Foto: Wisuda
Foto: Wisuda

Ikan yang bernama latin Aspidontus dussumieri, sering juga disebut sebagai slender sabretooth blenny. Dan tumbuh maksimal sepanjang 12 centi meter. Hidup di perairan tropis dan juga tersebar di seluruh Indo-Pasifik, termasuk Indonesia. Di Australia diketahui terdapat di bagian tengah sampai ke pantai utara-barat Australia Barat dan dari pantai utara Queensland ke pusat New South Wales.

Makanan utamanya adalah algae. Blennie jenis ini sangat suka tinggal di lubang-lubang karang, atau rumah cacing pipa yang kosong dan pipa-pipa sisa kapal karam yang ada di dalam laut. Tinggal di laut yang tidak begitu dalam, lance blennie fish juga termasuk ke dalam kategori ikan yang bersifat teritorial terhadap sesamanya. Dia akan bersikap agresif dan menyerang ikan yang sama atau sejenis yang mendekati rumah tinggalnya.

Foto: Wisuda
Foto: Wisuda
Foto: Wisuda
Foto: Wisuda

Dia akan bersembunyi apabila bertemu dengan ikan lain. Sebagian besar waktunya, dihabiskan di dalam lubang tempat tinggalnya. Dan hanya akan meninggalkan sarang , apabila mencari makan. Belakangan, ikan jenis ini juga sudah diminati beberapa orang sebagai hewan peliharaan di akuarium.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,