Kabut Asap Jambi: Penerbangan Tertunda & Indeks Kesehatan Melorot

Tahun ini provinsi Jambi kembali dilanda kabut asap akibat kebakaran lahan kali ini kabut asap datang lebih cepat dari tahun 2012 silam. “Di Jambi sendiri memang telah terdapat beberapa titik api namun karena hembusan angin dari utara mengakibatkan asap kebakaran lahan di provinsi Riau sampai ke Jambi” jelas Dwi Atmoko, prakirawan  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi.

Berdasarkan pantauan BMKG dengan menggunakan satelit MODIS (Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer) pada tanggal 9 Maret 2014 terdapat 13 titik api di Jambi yang terdiri dari 3 titik api di kabupaten Tebo, 3 titik api di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan 7 titik api di Kabupten Muaro Jambi. Kebakaran cukup parah terjadi di Kabupaten Muaro Jambi yaitu di kawasan Tahura (Taman Hutan Rakyat) Sekitar Tanjung, sebuah kawasan lindung yang berbatasan dengan Taman Nasional Berbak (TNB).

Salah satu dampak kabut asap di Jambi. Foto: Lili Rambe
Salah satu dampak kabut asap di Jambi. Foto: Lili Rambe

Kebakaran terjadi sejak pertengahan Februari lalu. Kebakaran dari Tahura ini juga telah merambat ke pinggir kawasan TNB sejak empat hari lalu. Dinas Kehutanan Provinsi Jambi bersama dengan Manggala Agni, Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Indonesia yang dibentuk oleh Kementerian Kehutanan masih cukup kesulitan dalam memadamkan api karena kawasan ini terdiri dari lahan gambut yang jika sudah terbakar sulit untuk dipadamkan.

Sumber: http://tmappsevents.esri.com/
Sumber: http://tmappsevents.esri.com/

Akibat kabut asap kebakaran lahan ini jarak pandang di Kota Jambi menurun. Pada tanggal 10 Maret kemarin BMKG mencatat pada pukul 7 pagi jarak pandang sempat hanya mencapai 1.000 meter. Kondisi ini mengakibatkan beberapa penerbangan ke Jambi tertunda. Pengecekan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Jambi menunjukkan kadar ISPU mencapai angka 116 yang berarti udara Jambi sudah masuk dalam kategori tidak sehat (kadar ISPU 101 – 199).

Sumber: http://tmappsevents.esri.com/
Sumber: http://tmappsevents.esri.com/

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh BMKG pada bulan Maret ini curah hujan di Jambi sangat rendah dan melihat kondisi ini diperkirakan musim kemarau di Jambi akan lebih panjang dari tahun lalu.

Sumber: http://tmappsevents.esri.com/
Sumber: http://tmappsevents.esri.com/
Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,