Sempur Hujan Darat, Burung Mungil Yang Nyaris Terancam Kepunahan

Namanya unik, sempur-hujan darat atau di dunia internasional dikenal dengan nama Black and Yellow Broadbill (Eurylaimus ochromalus). Warna bulunya klasik. Hitam mendominasi bagian atas yang disisipi kuning pada sayap dan bintik putih pada ujung ekor. Bagian bawahnya merah jambu bergradasi dengan pita hitam melintang di dada atas.

Ukurannya juga mungil, sekitar 15 cm. Meski begitu, suaranya melengking dan mudah dikenal. Namun jangan sampai salah, sepintas suaranya mirip dengan sempur-hujan rimba. Perbedaannya adalah Eurylaimus ochromalus ini tidak mengawali kicauannya dengan siulan pendahuluan atau suara yang perlahan menghilang.

Sempur-hujan darat secara global tersebar di Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan. Kebiasaannya di hutan adalah memburu serangga dari tenggeran yang rendah serta senang berlama-lama di tajuk bagian bawah atau atas pepohonan. Jenis ini termasuk dalam suku Eurylaimidae yaitu suku burung Asia dan Afrika yang sedikit anggotanya namun memiliki bulu warna-warni. Beberapa jenisnya merupakan pemakan buah-buahan.

Burung ini masuk dalam kategori Near Threatened (NT) atau Nyaris Terancam dalam Daftar Merah IUCN.

Dalam artikel kerjasama antara Mongabay-Indonesia dan Burung Indonesia bulan Mei 2014 ini, Anda bisa mengunduh kalender digital untuk gadget atau komputer anda. Tinggal klik di link ini, dan simpan dalam perangkat anda.

Wallpaper Burung Indonesia-Mei 2014

Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,