,

Rp5 Miliar buat Ruang Terbuka Hijau Medan

Pemerintah Kota Medan mengalokasikan Rp5 miliar lebih guna menambah ruang terbuka hijau dan hutan kota. Walikota Medan, Dzulmi Eldin, mengatakan, target dalam dua atau tiga tahun, kota ini bisa menjadi contoh karena memiliki RTH dan hutan kota terluas di Indonesia. Selama ini, posisi itu dipegang Kota Bogor.

“Lima taman kota akan jadi contoh RTH dan hutan kota,” katanya di Medan Senin (10/11/14) kepada Mongabay, saat penanaman bibit pohon. Lima lokasi itu di Taman Ahmad Yani, Taman Teladan, Taman Beringin, Taman Gajah Mada, dan Taman Lapangan Merdeka.

Dzulmi mengatakan, anggaran ini akan buat membeli lahan masyarakat lokasi RTH dan hutan kota. Juga membeli bibit berbagai pohon dan merancang wilayah dan tata letak Medan agar hijau.

Fokus utama saat ini,  katanya, kampanye dan penanaman pohon. Di berbagai tempat setidaknya telah ditanam sekitar 110 bibit. Juga penataan taman kota hijau.

Menurut Dzulmi, perhitungan sementara, untuk mewujudkan Medan menjadi daerah memiliki RTH dan hutan kota yang baik, perlu sekitar 100 ribu bibit. Dia berhrap, Dinas Kehutanan Sumatera Utara, memberikan bibit berbagai jenis pohon kuat.

Tak hanya itu. Dzulmi  juga akan memperbaiki daerah aliran sungai, baik drainase maupun menanam pohon di bantaran sungai di Medan.  “Saya mengajak semua sadar bencana. Berhentilah menebang hutan dan merusak pohon, bisa gawat nanti,” kata Dzulmi.

Gatot Pujo Nugroho, Gubernur Sumut, menyatakan akan mendukung penuh, dan berharap semua pihak terlibat. Ide yang bagus menjadikan Medan hijau, sekaligus mampu menekan pencemaran udara.

Pemerintah, katanya, menargetkan tanam 1 miliar pohon. Sampai September 2014, realisasi penanaman pohon di Sumut mencapai 245.129.005 batang. Setidaknya 225.000 hektar lahan kritis diperbaiki.

Guna meningkatkan TRH dan hutan kota, Pemerintah Medan mengalokasikan Rp5miliar. Foto: Ayat S Karokaro
Guna meningkatkan TRH dan hutan kota, Pemerintah Medan mengalokasikan Rp5miliar. Foto: Ayat S Karokaro
Artikel yang diterbitkan oleh
, ,