,

Video: Auman dari Kandang Sempit Medan Zoo

Menjelang petang,  Taman Margasatwa Medan, atau Medan Zoo, tampak mulai lengang. Dari kejauhan, terdengar suara petugas membersihkan ruangan berjeruji besi, tempat satwa berada. Salah satu penghuni, harimau Sumatera.

Tampak lima petugas menyempatkan diri bermain dengan anak harimau dan induk. Suara auman kuat terdengar. Di dekat situ ada berbagai jenis burung dan monyet.

Setelah kandang bersih, petugas mengambil selang dan menyemprotkan air ke tubuh harimau di dalam kandang sempit itu. Auman makin kuat.

Saya datang sore,  Kamis (6/11/14) ketika pengunjung Medan Zoo mulai sepi. Zainul Akbar Nasution, Manager Taman Margasatwa Medan, di sana ada dua jenis harimau, yaitu harimau Sumatera dan Benggala dengan total 14 ekor. Harimau Sumatera, 12, dan harimau Benggala dua ekor. anak harimau Sumatera 10 ekor  dan setiap tahun lahir. Rincian, 2012 (3), 2013 (3) dan 2014 (4).

Ketika ditanya kandang harimau kecil karena berukuran sekitar 2×2 meter, katanya, itu masalah tersendiri. Biaya pengembangan area dan kandang harimau terbatas. Maka, mereka memanfaatkan lahan yang ada. Banyak pihak berminat membantu pemberian pakan ternak, namun buat perluasan, masih pengajuan ke pemerintah Medan. Namun, katanya, meski kandang sangat terbatas, mereka tetap bekerja maksimal dan fokus perawatan.

Dokter hewan  setiap saat memeriksa kesehatan belasan harimau ini. Menurut Zainul, paling utama kesehatan satwa, terletak pada makanan dan selalu menjaga kandang bersih.

Dia mengatakan, setiap dua jam, kandang harimau selalu dibersihkan. “Kami sangat berkomitmen mengembangkan harimau Sumatera meski di tengah keterbatasan kandang kecil.”

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,