,

Yayasan Kehati Beri Penghargaan Untuk Pejuang Keanekaragaman Hayati

Pada 2015 ini, Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati) kembali memberikan penghargaan bagi perseorangan, kelompok masyarakat dan perusahaan yang telah menunjukkan kerja dan kepedulian terhadap keanekaragaman hayati di Indonesia.

Penghargaan yang diberi nama Kehati Award ini diadakan untuk ke-8 kalinya dengan mengambil tema keanekaragaman hayati untuk kesejahteraan bangsa. Tema itu didasari bahwa keanekaragaman hayati merupakan potensi besar Indonesia yang bisa digunakan untuk kesejahteraan bangsa sebagai sumber pangan, sumber energi alternatif, sumber obatan-obatan alami, dan jika dijaga dengan baik maka akan ikut menjaga ketersediaan air.

Sayangnya,keanekaragaman hayati belum menjadi arus utama pengelolaan sumber daya alam di Indonesia. Bahkan kebijakan-kebijakan pemerintah cenderung belum menjadikan keanekaragaman hayati sebagai isu utama. Di sisi lain, kerusakan lingkungan terus muncul yang mempengaruhi laju kepunahan sehingga mengurangi kekayaan keanekaragaman hayati. Selain itu terjadi eksploitasi sumberdaya alam secara berlebihan.

Indonesia sebenarnya berada pada persimpangan, akankah negara ini akan semakin serius mengelola keanekaragaman hayati yang berpotensi besar mensejahterakan masyarakat atau memilih jalan yang lain dengan tidak mengindahkan potensi besar itu.

Ada 6 kategori penganugerahan Kehati Award VIII yaitu Prakarta Lestari Kehati, Pendorong Lestari Kehati, Peduli Lestari Kehati, Cipta Lestari Kehati, Citra Lestari Kehati, dan

Prakarsa Lestari Kehati diberikan kepada erseorangan atau kelompok/organisasi dari komunitas masyarakat local. Pendorong Lestari Kehati diberikan kepada perseorangan atau unit/bagian dari suatu lembaga kedinasan, badan pelayanan publik atau instansi pemerintahan/lembaga negara di tingkat pusat ataupun di daerah, yang bertugas melebihi tupoksi kerjanya.

Peduli Lestari Kehati diberikan kepada perseorangan atau kelompok/unit usaha dari sektor dunia usaha, baik perusahaan swasta (domestik/asing), BUMN, BUMD ataupun koperasi.Sedangkan Cipta Lestari Kehati diberikan kepada perseorangan atau kelompok/institusi dari dunia ilmu pengetahuan dan teknologi atau masyarakat ilmiah.

Penghargaan Citra Lestari Kehati diperuntukkan bagi perseorangan atau kelompok/organisasi dari kalangan media dan komunikasi massa (termasuk jurnalis media cetak dan elektronik) serta pekerja seni dan budaya. Sementara penghargaan Tunas Lestari Kehati bagi perseorangan atau kelompok/organisasi dari kalangan Pelajar atau Mahasiswa.

Tim Kehati Award VIII telah menemukan beberapa nominator yang telah melakukan upaya melestarikan atau memanfaatkan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan pada bidang dan daerahnya masing-masing. Mereka adalah agen-agen perubahan di masa depan yang dapat menjadi contoh nyata bagaimana keanekaragaman hayati mampu memberikan kesejahteraan.

Penghargaan tersebut diharapkan menjadi simbol bangkitnya kesadaran bangsa Indonesia, untuk bersama-sama memberikan perjuangan dan pengorbanan bagi keanekaragaman hayati sebagai asal mula kehidupan.

“Kerja keras para pahlawan lingkungan itu mampu memberikan inspirasi,” kata Direktur Eksekutif Yayasan Kehati, MS Sembiring dalam jumpa pers di Jakarta, pada Selasa kemarin (20/01/2015).

Dia mengatakan melalui inspirasi tersebut diharapkan akan muncul replikasi terhadap pemberdayaan pangan lokal di daerah lain. Ajang penghargaan juga memberikan contoh nyata bagi masyarakat bahwa sebuah upaya perbaikan lingkungan mampu dilakukan diberbagi tempat di Indonesia ini.

Dengan penghargaan ini, Yayasan Kehati ingin kembali mengingatkan setiap elemen masyarakat untuk memberikan perhatian pada keberlanjutan keanekaragaman hayati di Indonesia. Hilangnya keanekaragaman hayati karena kesalahaan pengelolaan justru akan merugikan masyarakat di sekitarnya.

“Semoga dengan adanya KEHATI Award, masyarakat bisa menjadi bagian dalam pelestarian keanekaragama hayati,” tegas Sembiring. Penganugerahan Kehati Award VIII direncanakan akan dilakukan di Jakarta pada Rabu depan (28/01/2015).

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,