Melly Manuhutu: Hidup Organik Dari Hulu Ke Hilir

Kembali ke alam. Begitulah sekarang semakin banyak orang menerapkan cara hidup kembali ke alam dengan gaya hidup organik. Kesehatan menjadi alasan utama orang bergaya hidup organik yang selaras alam ini. Kehidupan modern dengan gaya hidup instan, mulai dirasakan membawa pengaruh ke kesehatan.  Maka banyak orang berusaha untuk menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet, pemanis, dan bahan-bahan kimia. Pilihannya adalah kembali ke organik.

Tidak hanya bergaya hidup organik dengan mengkonsumsi makanan organik, banyak orang pun mulai memproduksi bahan makanan organik sendiri dengan menanam di halaman rumah. Lahan sempit, tidak menjadi halangan untuk menanam berbagai tanaman organik, dengan beberapa cara termasuk dengan cara hidroponik.

Gaya hidup organik, ternyata juga mulai dilakoni oleh kalangan artis. Cara dan gaya hidup dengan bahan organik, bukan rahasia lagi bagi mantan penyanyi Melly Manuhutu (39). Perempuan ini tak sekedar mengkonsumsi makanan organik tapi sekaligus menjadi pebisnis bahan organik sejak 2001.

Karena bisnis di bidang pertanian organik inilah dia kini menjabat sebagai Ketua Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan periode 2013 – 2018. Melly mengunggah foto pengangkatannya di akun –twicsy, twitter pada 27 maret 2013 lalu.

Meski sibuk dengan bisnis bahan organik, Melly rupanya tetap andal di dapur. “Saya masak sendiri tanpa asisten, anak-anak yang biasa bantuin saya,” ujar Melly yang ditemui usai demo masak masakan organik di salah satu mal besar di Jakarta Selatan pada Minggu (18/01/2015).

Saat itu di hadapan belasan ibu-ibu, Melly memperagakan resep dan cara  memasak masakan dan minuman: sayur asem ikan dori, kue dadar pisang dan smoothie.

Semua bahan resep yang disajikan menurut Melly merupakan bahan organik kecuali ikan Dory, yang merupakan ikan laut dalam dari Vietnam. “Semua organik saya peroleh dari petani mitra,” ujarnya.

Dia membuka toko bahan organik di kawasan Kemang, Jakarta Selatan dan Depok. Toko ini sebagai upaya untuk memudahkannya menyediakan bahan makanan organik untuk keluarga dan mereka yang kini memilih makanan organik. Untuk memenuhi kebutuhan bahannya, selain membuka lahan bertanam organik di daerah puncak, dia juga bermitra dengan banyak petani organik di berbagai daerah.

Peraih Entrepreneur Agribusiness Award dari Ditjen BP2HP Kementerian Pertanian Republik Indonesia  bekerja sama dengan sebuah majalah pengusaha  pada 2004 ini, menikah dengan Prakaça Kasmir pada 2001. Pasangan ini dikaruniai 2 anak, Kaçamelyv dan Qalyçea.

Dia mengawali bertani organik pada 2001 dan tak lagi aktif di dunia hiburan. Pilihan kepada bahan organik pada awalnya juga tak sengaja. Hal ini karena pada mulanya karena alasan kesehatan. Melly yang kerap sakit harus terus berobat dengan harga mahal. Tak ingin terus-terusan sakit, dia kemudian mencoba mengkonsumsi makanan organik. Rupanya pilihannya tepat, badannya lebih bugar dan sehat. Sejak itu seluruh anggota keluarga pun mengkonsumsi makanan organik.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,