,

7 Serangga yang Membuat Anda Berdecak Kagum

Serangga merupakan makhluk hidup yang paling mudah kita lihat di lingkungan sekitar. Bisa jadi, karena ukuran tubuhnya yang imut, kita sering mengabaikan kehadirannya.

Berikut, terangkum dari berbagai sumber, tujuh serangga yang akan membuat Anda berdecak kagum karena penampilannya yang mempesona. Penasaran?

1. Lalat Lebah

Serangga mungil ini berasal dari keluarga Bombyliidae. Meskipun mereka secara teknis adalah lalat, namun penampilan serangga ini bahkan perilakunya mirip lebah. Cukup fair jika  sering disebut sebagai lalat lebah. Lalat lebah ada di hampir semua tempat seluruh dunia dalam berbagai variasi; dan mungkin kita pernah melihatnya sekali waktu, namun menduganya sebagai lebah.

Lalat lebah Anastoechus nitidulus (gambar di atas) adalah salah satu lalat dengan penampilan yang ‘manis’. Lalat ini sama sekali tidak berbahaya. Jika beruntung, kita bisa mengambil fotonya saat sedang makan serbuk sari bunga dan nektar.

2. Ulat Hello Kitty

Ulat ini memiliki wajah seperti karakter animasi Hello Kitty. Sumber: Designyoutrust.com

Serangga ini sebenarnya ulat dari kupu-kupu Bush Brown China (Mycalesis gotama). Tapi, bentuk wajahnya cukup familiar dengan karakter animasi Jepang “Hello Kitty”. Belum banyak studi mengenai ulat ini, meskipun kemunculannya cukup menghebohkan Jepang dan bahkan dunia beberapa waktu lalu.

3. Serangga Elvis Presley

Serangga ini mirip Elvis Presley. Foto: Darlyne Murawski/Nat Geo Stok/Caters News

Darlyne Murawski, sang fotografer, terkejut setelah menemukan wajah Elvis Presley di punggung seekor serangga kecil,  dengan tanda-tanda di punggungnya yang menyerupai mata manusia, hidung, mulut, dan gaya rambut klasiknya. Satwa yang bau ini kemudian dijuluki “Serangga Perisai Elvis Presley” karena kemiripannya dengan raja rock ‘n’ roll tersebut.

Darlyne asal Massachusetts, Amerika, ini melihat serangga kecil Pentatomoidea yang juga dikenal sebagai serangga perisai raksasa, secara kebetulan, saat berada di Cagar Alam Khao Chong di Thailand selatan. Satwa ini sebelumnya juga ditemukan di hutan Singapura. Media setempat justru menjulukinya Bert, salah satu karakter serial animasi Sesame Street. 

4. Ulat Bulu Kucing

Ulat bulu ini laksana kucing karena bulu-bulunya. Sumber: Mothphotographersgroup.msstate.edu

Inilah ulat Megalopyge opercularis,  yang sering disebut sebagai “Puss Caterpillar” karena bulu-bulunya yang panjang mirip kucing. Saat mencapai usia dewasa, sekitar satu inci, ulat kucing ini akan tampak mengembang dengan bulu panjang coklat keabu-abuan, dan kadang kekuningan.

Namun, jangan terburu-buru mengelusnya karena ia beracun, seperti tertusuk, meski tak sampai mematikan. Puss caterpillar ini hanya menunjukkan diri dua kali dalam setahun di habitat aslinya di Florida yaitu saat musim gugur dan semi.

5. Ngengat Burung Kolibri

Jangan salah, ngengat ini sekilas menyerupai burung kolibri. Sumber: Wikimedia.org

Sekilas, kita mungkin beranggapan bahwa makhluk ini adalah burung kolibri yang sedang menghisap madu. Namun,  jika dilihat lebih dekat, ternyata ini adalah seekor ngengat. Ngengat yang mirip burung kolibri ini (Hemaris thysbe) dapat melayang serta memiliki belalai panjang menyerupai paruh.

Satwa ini bisa ditemukan di daerah beriklim hangat seperti di Eropa Selatan, Afrika Utara, bahkan di Amerika Utara hingga Alaska yang dingin. Ngengat ini aktif di siang hari. Kemiripannya dengan Kolibri disebut sebagai contoh evolusi konvergen yaitu ketika spesies yang berbeda berevolusi untuk memiliki sifat-sifat yang sama karena kondisi lingkungan mereka.

6. Ulat Kepala Alien

Ulat ini memiliki bentuk kepala menyerupai alien. Sumber: Socialphy.com

Ulat lebih rentan dimangsa oleh predator daripada saat sudah menjadi kupu-kupu. Hal inilah yang membuat banyak ulat mengembangkan berbagai cara pertahanan diri, termasuk penampilannya yang menakutkan bagi calon pemangsa. Ulat hijau ini ditemukan di Filipina dan di kepala bagian depannya terdapat mata kamlufase berukuran cukup besar, sehingga seolah membuat penampilannya seperti hewan dengan kepala besar dan menakutkan.

Ulat bernama ilmiah Daphnis nerii yang dalam Bahasa Inggris disebut Oleander hawk-moth, bisa ditemukan di Afrika dan sebagian Asia. Saat menjadi kupu-kupu, satwa ini bermigrasi terutama di musim panas, menuju Eropa bagian selatan dan timur hingga Turki.

7. Ulat Berpenampilan Ular

Inilah ulat berpenampilan ular. Sumber: I.dailymail.co.id

Inilah salah satu bentuk kamuflase mengangumkan dari spesies serangga untuk melindungi diri dari para pemangsa. Deilephila elpenor, adalah ngengat raksasa dari keluarga Sphingidae. Spesies ini bisa ditemukan di Inggris dan Irlandia yang panjangnya mencapai 75 mm dengan warna tubuh hijau dan coklat.

Ketika terancam, ulat ini menarik tubuh bagian depannya ke arah tengah, dan membentuk postur yang menyerupai ular dengan kepala besar dan bulatan hitam yang menyerupai mata yang besar. Predator utama mereka adalah burung, namun biasanya burung menghindar (setidaknya untuk beberapa waktu) saat ulat ini ber’pose’ seperti ular.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,