,

Sambil Bersepeda, Nugie Kenalkan Lingkungan Hidup pada Anak

Agustinus Gusti Nugroho atau yang biasa disapa Nugie, dikenal sebagai sosok penyanyi yang bergaya hidup ‘hijau’. Salah satu aktivitas yang membuatnya dikenal sebagai penyanyi ‘hijau’ karena dia sangat mobile dengan sepeda. Nah, dengan sepeda ini pula dia mengajari anaknya untuk mengenal lingkungan sekitarnya.

Nugie mengajak kedua buah hatinya tiap akhir pekan atau waktu senggang untuk bersepeda dari rumahnya di Bintaro. “Aku ajak sepedaan, keluar masuk jalan-jalan di kampung. Lihat sekitarnya, kan masih ada tuh di Bintaro,” ujar Nugie, di sela-sela Kampanye  #BeliYangBaik dari World Wildlife Fund for Nature (WWF) Indonesia di Taman Sriwedari, Hotel Sultan, Jumat (5/6/15). Kampanye ini sekaligus untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2015.

Dengan sepeda, Nugie mengajak anaknya melihat lingkungan sekitarnya. Apa saja yang dilihat? Segal hal, seperti masih banyaknya orang yang buang sampah sembarangan, selokan atau kali yang penuh sampah, daerah yang masih banyak tanaman hijau, dan lainnya. “Nah di situ, aku ajarkan ke mereka secara tidak langsung, agar tidak menggurui mereka. Bagaimana kita bertindak,” ujar pelantun tembang Burung Gereja ini.

Dari sana, kedua buah hatinya, terutama yang sulung, Arkazora Nugraha, mengetahui dampak buruk perilaku yang tidak ramah lingkungan. Nugie pun melihat reaksi anak-anaknya dengan kondisi lingkungan itu. “Namanya anak-anak, ya dia merasa jijik, aku bilang tidak apa-apa kotor-kotor. Setelah ini cuci tangan yang bersih. Istriku juga mendukung.”

Penyanyi lagu Pembuat Teh ini juga mengajarkan anak-anaknya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dia malah bertekad untuk mengajari si sulung membersihkan lingkungannya secara lebih intensif. “Nanti kalau sudah kelas 4 SD, sekarang kan baru kelas 2. Bersihin dan timbun sampah, bersihkan got, menyiangi tanaman dan halaman rumah.”

Dalam kehidupan sehari-hari, Nugie pun mencontohkan anggota keluarganya untuk lebih ramah lingkungan seperti membawa botol minum sendiri dan membawa kantong belanja. Ini dibuktikan Nugie saat ditantang sang moderator di acara tersebut.

Dia berlari sejenak ke belakang, mengambil tas berisi perlengkapannya. Dia pun mengeluarkan botol minum warna hijau yang sudah tinggal separuh isinya, lalu mengeluarkan kantung oranye yang terlipat dan membukanya. “Tuh kan, gak bohong. Kemana-mana jadi siap sedia.” Nugie pun datang ke acara lingkungan itu dengan sepeda lipat oranye dari rumahnya di Bintaro.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,