Habis Baterai Kala Perjalanan? Alat Berenergi Surya Ini Beri Solusi

Anda pecinta jalan-jalan? Inovasi para mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini tampaknya bisa sangat bermanfaat. Bagas Antiko R.M, Ayrton Fithiadi Sedjati, Paksi Yudha Sasmita, dan Enggar Yudha Prasetyo dari Jurusan Teknik Fisika serta M.Fatkhu Rizal S.F, dari Fakultas Filsafat UGM ini berhasil merakit puzzel surya portabel (PSP) ramah lingkungan. Alat ini menjadi pemasok energi listrik selama perjalanan.

Bagas mengatakan, ide ini muncul karena mengamati aktivitas para traveller. Saat dalam perjalanan, ada kala kesulitan mencari energi listrik karena fasilitas pensuplai minim. Terlebih, bagi pecinta alam yang perjalanan ke gunung maupun pantai. Keterbatasan energi listrik di daerah wisata menghambat pemanfaatan alat elektronik secara maksimal.

Meskipun, katanya,  saat ini banyak panel surya untuk menyimpan energi, tetapi bentuk konvesional tidak memungkinkan dibawa ke mana-mana. Dengan PSP mempermudah dalam memenuhi kebutuhan energi dimanapun dan kapanpun. “Sebenarnya banyak PSP di pasaran, produk impor, harga mahal Rp1,7 juta,”  kataya.

Menurut Enggar, prototipe mereka lebih terjangkau dengan biaya produksi Rp500.000 dan menggunakan komponen lokal. PSP tersusun dari  empat unit panel surya masing-masing berukuran 13×13 cm dapat dilipat empat bagian.  Kabel rangkaian satu mm, , USB, dan tembaga. Juga ada regulator untuk menstabilkan tegangan.

PSP mampu menyimpan tegangan hingga 5 Volt. Saat cuaca terik dapat menghasilkan arus sampai 0,9 Amper.  “Kapasitas internal memori .500 mAh bisa men-charge handphone sekitar dua jam,” kata Enggar.

PSP ini berbasiskan Do It Yourself (DIY),  dapat buka-pasang setiap unit panel jadi fleksibel tergantung kebutuhan pengguna. “Jika salah satu unit rusak bisa diganti sendiri, berbeda dengan produk impor jika rusak sulit diperbaiki.”  Mereka mengembangkan ini mulai Februari 2015, di bawah bimbingan Dr. Ahmad Agus Setiawan.

Paksi mengatakan, saat ini PSP dalam penyempurnaan kemasan dan proses pengajuan paten di Dirjen Hak Kekayaan Intelektual. Ke depan mereka akan mengembangkan PSP untuk spesifikasi lebih besar hingga dapat mensuplai listrik laptop.

Puzzel surya portabel bantu traveller dan pecinta alam penuhi kebutuhan listrik saat bepergian. Foto: dokumen Humas UGM
Puzzel surya portabel bantu traveller dan pecinta alam penuhi kebutuhan listrik saat bepergian. Foto: dokumen Humas UGM
(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , , , , ,