,

Ternyata, Ada juga Siput Laut yang Mirip Domba

Masih ingatkah Anda dengan siput lucu dasar laut yang terlihat seperti kelinci pada artikel lalu?

Kini, bersiaplah untuk melihat makhluk dasar laut lainnya yang tidak kalah mengagumkan yang pastinya menghebohkan dunia maya. Dia adalah siput laut yang tampilannya bagai domba.

Spesies kecil berjuluk Costasiella kuroshimae ini dapat ditemukan di perairan Jepang, Indonesia, dan Filipina. Siput laut yang juga dikenal sebagai leaf slug atau siput daun ini memiliki bentuk yang menggemaskan dengan wajah seperti domba. Pipinya juga berona merah muda dengan bulu indah di sekujur tubuhnya, bak dedauan kecil yang dirangkai rapi.

Namun, untuk melihatnya langsung di dasar laut pastinya kita akan kesulitan. Pasalnya, panjang tubuh si siput ini hanya sekitar 5 milimeter atau 0,2 inci.

Hal menarik lain dari spesies dengan klad Sacoglossa ini adalah ia dapat melakukan fotosintesis melalui kleptoplasty sebagaimana yang terjadi pada daun tanaman.

Fotosintesis merupakan proses biokimia pembentukan zat makanan seperti karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil. Selain tumbuhan berkalori tinggi, makhluk hidup non-klorofil lain yang berfotosintesis adalah alga dan beberapa jenis bakteri. Organisme ini berfotosintesis dengan menggunakan zat hara, karbon dioksida, dan air serta bantuan energi cahaya matahari.

Caranya adalah saat memakan ganggang, siput laut ini menyimpan kloroplas yang didapatkannya itu untuk menciptakan energinya sendiri. Meski tidak dapat dilakukan secara maksimal, namun beberapa spesies siput laut ini dapat justru dapat hidup berbulan lamanya dengan metode ini.

Keajaiban lainnya adalah sebagaimana daun tumbuhan yang memiliki beragam warna, nah siput laut juga punya aneka bentuk dan warna indah yang mempercantik tampilan tubuhnya. Gak percaya? Gambar ini buktinya.

Siput laut ini juga memiliki variasi warna sebagaimana daun. Sumber: I.imgur.com
Siput laut ini juga memiliki variasi warna sebagaimana daun. Sumber: I.imgur.com

Meski demikian, spesies menggemaskan ini dipastikan sama sekali tidak memiliki kekerabatan dengan domba, terlebih dalam taksonominya. Keduanya hanya tampak serupa, namun dalam habitat yang sama sekali berbeda.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , ,