, ,

Anak-anak Ini Bicara Penyelamatan Harimau lewat Menggambar

Minggu (9/8/15), puluhan anak TK hingga SMA, tampak asyik mewarnai dan membuat poster bertema selamatkan hutan untuk harimau Sumatera di Air Mancur, Lapangan Gubernur, Jambi. Mereka ikut memperingati Global Tiger Day 2015.

Gawe yang diusung relawan Forum Harimau Kita yang menamakan diri Tiger Heart ini, tidak hanya lomba mewarnai dan menggambar poster juga menggalang dukungan menjaga hutan demi kelestarian harimau Sumatera. Mereka mengumpulkan cap jempol pada selembar spanduk bertuliskan,”Saya Mendukung Pelestarian Harimau Sumatera.”

“Kami melibatkan pelajar karena ingin menanamkan sejak dini lebih peduli kelestarian harimau Sumatera” kata Kordinator Global Tiger Day Jambi, Venilia.

Yoan Dinata, Ketua Forum Harimau Kita mengatakan, seluruh masyarakat wajib menyelamatkan harimau Sumatera.  Dia menjelaskan, Jambi populasi hanya terdapat di kantong-kantong kawasan konservasi seperti taman nasional.

Selama delapan bulan terakhir Forum Harimau Kita mencatat setidaknya tiga kasus perdagangan kulit harimau bahkan melibatkan petugas taman nasional. Untuk mengantisipasi ini, beberapa usaha dilakukan penggiat konservasi harimau bekerja sama dengan pemerintah, seperti patroli rutin khusus di kawasan konservasi.

Proses hukum

Pada Senin (10/8/15) Direktorat Jendral Penegakan Hukum KLHK dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi melimpahkan kasus perdagangan offset harimau Sumatera yang melibatkan oknum PNS di Balai Taman Nasional Berbak ke PN Jambi.  “Ini bukti komitmen kami menegakkan hukum meskipun dari petugas kami sendiri” kata Muhammad Yunus, Direktur Jendral Penegakan Hukum KLHK diwawancarai Mongabay di PN Jambi. Kasus perdagangan offset harimau terungkap April lalu melibatkan Y, IK dan A.

Pada Juli 2015, BKSDA Jambi juga menggagalkan perdagangan kulit harimau didalangi AWS, anggota Perbakin (Persatuan Penembak Indonesia). BKSDA menyerahkan berkas kasusini pada kepolisian namun dikembalikan lagi ke BKSDA. “Berkas ini dikembalikan karena akan ada penambahan tersangka,” kata Abdul Haris Sudjoko, Kepala BKSDA Jambi. Dia mengatakan, akan ada dua tersangka baru yaitu satu warga sipil dan purnawirawan TNI.

Mengajak anak-anak peduli penyelamatan harimau Sumatera sejak dini. Foto: Lili Rambe
Mengajak anak-anak peduli penyelamatan harimau Sumatera sejak dini. Foto: Lili Rambe
Anak-anak dari TK hingga SMA menyuarakan penyelamatan harimau Sumatera. Foto: Lili Rambe
Anak-anak dari TK hingga SMA menyuarakan penyelamatan harimau Sumatera. Foto: Lili Rambe
Alksi di Global Tiger Day di Jambi dari para anak-anak TK sampai SMA. Foto: Lili Rambe
Alksi di Global Tiger Day di Jambi dari para anak-anak TK sampai SMA. Foto: Lili Rambe
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , ,