, , ,

Foto: Kabut Asap Masih Kuasai Jambi

Kota Jambi masih tertutup kabut asap tebal bercampur debu. Berdasarkan data dari Badan Lingkungan Hidup Jambi Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Jambi berada di angka 323 ppm atau berbahaya. Angka ini lebih rendah dibandingkan ISPU Sabtu (12/9/15) menembus angka 409 ppm.

Jarak pandang di Bandara Sultan Thaha Syaifudin hanya 500 meter. Meskipun bandara tidak ditutup namun kurang lebih 10 hari tidak ada pesawat komersil mendarat. ”Bandara tidak ditutup tetapi penerbangan yang membatalkan ke Jambi” kata Parolan Simanjuntak, Kepala Unit Pelayanan dan Operasional PT. Angkasapura II Bandara Sultan Thaha Jambi. Dia mengatakan, bahwa Senin (15/9/15), terdapat 15 penerbangan ke Jambi dibatalkan maskapai.

Dari pantauan satelit Aqua dan Terra Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pada Mingu (14/9/15), terdapat 114 titik panas di Jambi tersebar di beberapa kabupaten, yaitu Tebo (48), Sarolangun (22), Batanghari (18), Bungo (9), Tanjung Jabung Barat (5), Tanjung Jabung Timur (3) dan Merangin (1).

Pada (15/9/15), pukul 05.00 satelit Aqua dan Terra mendeteksi 11 titik panas di Jambi tersebar di Muaro Jambi. BMKG juga memperkirakan bagian timur dan barat Jambi berpeluang turun hujan ringan.

Jambatan di Kota Jambi, masih pekat diselimuti asap. Foto: LIli Rambe
Jambatan di Kota Jambi, masih pekat diselimuti asap. Foto: LIli Rambe

Karena asap masih pekat, murid PAUD dan TK kembali diliburkan, siswa SD – SLTA  masuk. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Jambi, saat ini ada 28.948 orang penderita infeksi saluran pernafasan akut di Jambi.

Upaya pemadaman api terus dilakukan tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, seperti operasi udara mengerahkan tiga heli untuk water bombing air di titik-titik kebakaran. Ada satu pesawat air tractor siaga di Bandara Sultan Thaha. “Selain pemadaman api melalui udara tim terdiri dari TNI, Manggala Agni, Polri, BPBD dan perusahaan juga usaha pemadaman di darat” kata Arif Munandar, Kepala BPBD Jambi.

Saat ini, fokus pemadaman di darat adalah titik–titik kebakaran di Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur dan Barat. Sebab, kawasan ini berdekatan dengan Kota Jambi hingga asap berdampak langsung terhadap jarak pandang di bandara.

Water bombing di Jambi. Toto: Lili Rambe
Water bombing di Jambi. Toto: Lili Rambe
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , ,