, ,

Terjebak Kebakaran Hutan Gunung Lawu, 6 Pendaki Tewas

Pada Minggu (18/10/15) pukul 13.40 di petak 73 KPH Gunung Lawu terjadi kebakaran hutan akibat perapian atau api unggun dari pendaki gunung yang belum dipadamkan. Tak pelak, api menjalar, dan delapan pendaki terjebak, enam diduga tewas, dua kritis.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan, kronologi kejadian,pukul 08.00 terlihat kepulan asap di sekitar Pos 3 Cemoro Sewu. Pada pukul 09.30, tim gabungan dari Perhutani, anggota Koramil 0804/02 Plaosan dan masyarakat menuju lokasi kejadian untuk pemadaman.

Pada pukul 13.40, tim gabungan mendapatkan informasi dari pendaki, Mansur Salim (46), warga Desa Rowosari, Tembalang Semarang, Jateng, bahwa telah menolong satu pendaki antara Pos IV dan Pos III. Pendaki itu, bernama n Dita Kurniawan (18), pelajar SMK Yosonegoro Magetan, warga Desa Candirejo Magetan. Dari Dita diperoleh informasi ada delapan pendaki masih terjebak di atas. Pukul 14.00, Dita, dibawa turun ke Pos I.

Dita menceritakan, pada Sabtu (17/10/15) mendaki melalui jalur Cemoro Kandang bersama 13 orang. Namun, 11 teman-teman dia belum diketahui karena terpisah dalam perjalanan.

Pada pukul 14.20, tim gabungan menemukan satu korban, Eko Nurhadi (45) warga Ngawi dengan luka bakar 50% di perut, tangan dan wajah. Pada pukul 14.30, korban dievakuasi ke Pos I lalu dibawa ke RSUD DR Sayidiman Magetan.

“Sampai pukul 18.00 tim gabungan TNI, Polri, Perhutani, BPBD, Anak Gunung Lawu dibantu masyarakat Cemoro Sewu dan Singolangu masih penyisiran dan evakuasi,” kata Sutopo dalam rilis kepada media.

Dari penyisiran sementara itu, katanya, korban kebakaran hutan antara Pos III dan Pos IV ada delapan orang , enam meninggal, dua kritis.

Sebenarnya, pos pendakian Cemoro Sewu ditutup mulai Jumat (16/10/15) dengan alasan sempat terlihat asap di sekitar Pos V tetapi telah dipadamkan. Jalur pendakian melalui Cemoro Kandang Tawangmangu Jateng tidak ditutup hingga para pendaki naik dari sana.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , , , ,