,

Ini Dia Si Udang Seksi Dari Ambon

Anda pasti baru mendengar nama udang ini bukan ? ini bukanlah nama rekaan atau khayalan saja, melainkan ini nama sesungguhnya yang diberikan kepada para ahli kepada seekor udang laut.

Nama latinnya adalah Thor amboinensis, atau umumnya dikenal sebagai udang jongkok atau udang seksi, adalah spesies udang yang ditemukan di Pasifik Indo-Barat dan di bagian Samudra Atlantik. Ia hidup bersimbiosis pada karang, anemon laut dan invertebrata laut lainnya di dalam komunitas karang dangkal.

Dinamakan sexy shrimp, karena ia selalu bergerak seakan menari dengan menggoyangkan ekornya  seperti penari yang seksi dengan gaya tariannya.

T. amboinensis adalah udang kecil yang tumbuh dengan panjang sekitar 13 milimeter Ini berwarna coklat zaitun dengan bercak putih seperti mata dengan garis biru tipis. Dari kepala ke atas perutnya, melengkung hingga ke ekornya yang terletak di atas kepalanya.

Thor amboinensis atau udang seksi bertubuh mungi, dengan ukuran sekitar 13 mm. Foto : Wisuda
Thor amboinensis atau udang seksi bertubuh mungil dengan ukuran sekitar 13 mm. Foto : Wisuda

Meskipun bernama Ambon yang diambil dari pulau ambon, salah satu dari Kepulauan Maluku di Indonesia, tetapi T. amboinensis tersebar di beberapa wilayah pan tropical, seperti di Laut Merah, Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Laut Karibia, Teluk Meksiko, Madeira dan Kepulauan Canary.

T. amboinensis membentuk simbiosis komensalisme –hubungan di mana satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak yang lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan, dengan invertebrata lain– biasanya dengan anemon air laut dangkal atau bisa juga dengan karang jamur.

Thor amboinensis atau udang seksi dari perairan Buton, Sulawesi Tenggara. Foto : Wisuda
Thor amboinensis atau udang seksi dari perairan Buton, Sulawesi Tenggara. Foto : Wisuda

Spesies yang paling sering digunakan sebagai tuan rumah adalah anemon karpet (Stichodactyla haddoni), anemon penyengat (Lebrunia danae) dan anemon perekat (Cryptodendrum adhaesivum). Satu atau beberapa udang hidup di antara tentakel tuan rumah atau inang mereka. Dan mereka makan pada jaringan tentakel.

Di daerah Bahama, T. amboinensis adalah bentuk bagian dari himpunan invertebrata simbiosis terkait dengan anemon penyengat. T. amboinensis ditemukan tersembunyi dalam tentakelnya.

Si udang seksi Thor amboinensis. Foto : Wisuda
Si udang seksi Thor amboinensis. Foto : Wisuda

Udang seksi betina membawa telur yang telah dibuahi di bawah perutnya, sampai mereka siap untuk menetas. Larva zoea melewati beberapa tahap dan, sebelum menjalani metamorfosis, mereka akan menetap di dekat anemon yang dipandang dapat dipakai sebagai  tuan rumah atau inang yang potensial.

Pada anemon penyengat mereka berlindung dari para predator yang akan memangsa mereka , seperti ikan, cumi-umi ataupun sotong. Udang jenis ini termasuk udang favorit di kalangan pehobi ikan hias air laut. Walaupun jumlahnya masih sangat berlimpah, tetapi regulasi untuk pembatasan eksplorasinya tetap harus diadakan. Ini penting untuk menjaga keberlangsungan ekosistem di laut.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , , , ,