Aplikasi Ini Mampu Nilai Kesesuaian Lahan dan Tanaman, Seperti Apa?

Ingin berkebun dan mau tahu kesesuaian antara lahan dan tanaman? Kali ini tak perlu repot-repot baca buku atau mencari referensi. Cukup membuka aplikasi yang dibuat Karina Inassyiva Rosmala, mahasiswi Jurusan Tanah Fakultas Pertanian dan Prawira Jalu Nindita, Jurusan Ilmu Komputer FMIPA, Universitas Gajah Mada, ini.

Mereka membuat aplikasi bernama “DutyPlant” (land suitability for plantation) berbasis Android. Lewat aplikasi ini bisa mudah menentukan tanaman yang akan ditanam di kebun. Dengan aplikasi ini, bisa diketahui kesesuaian lahan dan kendala.

Karina, mengatakan, untuk menggunakan aplikasi cukup mendownload di Playstore, lalu install, lalu memilih komoditas dan memasukkan parameter-parameter evaluasi, seperti temperatur, kelembaban tanah, kemiringan dan lain-lain. Untuk komoditas, bisa memilih misal, cengkih, tebu, teh, nenas dan coklat.

“Data kita submit, akan keluar tampilan apakah lahan sesuai atau tidak ditanami cengkih. Jika muncul lambang S1 sangat sesuai, S2 sesuai, S3 kurang sesuai, dan N tidak sesuai sama sekali. Setelah nilai keseuaian lahan, akan keluar faktor pembatas atau yang membatasi lahan.”
Berkat karya ini, mereka berhasil meraih juara dua di Agriculture Innovation Competition dalam Gadjah Mada Agro Expo 2015. Juga juara dua C-Compiler (Competition of Computer Science and Electronics Student) tahun 2015.

Dekan Fakultas Pertanian UGM, Jamhari, mengatakan, evaluasi lahan dengan smartphone berbasis Android bisa mengatasi masalah yang dihadapi para petani.

“Meski ada buku keseuaian lahan, tidak mungkin dibawa kemana-mana. Dengan aplikasi ini, petani cukup memasukkan parameter-parameter sesuai kondisi setempat dan sangat praktis.”

Aplikasi Dutyplant ciptaan mahasiswa UGM untuk mempermudah evaluasi tanaman. Foto: Tommy Apriando
Aplikasi Dutyplant ciptaan mahasiswa UGM untuk mempermudah evaluasi tanaman. Foto: Tommy Apriando
(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,