Ikan “Pemarah” Penghuni Gunung Api Bawah Laut

Para ilmuwan terperanjat saat menemukan ikan aneh yang hidup di ekosistem ekstrim lepas pantai Australia. Para ilmuwan, yang bekerja sama dengan Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) ini, coba menyibak jenis apa saja yang hidup di wilayah tidak lazim itu.

Ikan bertaring yang disebut ‘blackfish’  atau ikan hitam ini merupakan satu dari spesies aneh yang ditemukan di gunung berapi di lepas pantai Australia ini.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, selain penemuan ikan tak bersisik berwarna hitam legam tersebut, para ahli juga menemukan ikan dari famili idiacanthidae yang berbentuk mirip belut. Serta, ikan dari famili chauliodontidae yang gigi depannya besar.

Idhiacantidhae yang ditemukan di area yang sama. Sumber: Irish Mirror
Idhiacantidhae yang ditemukan di area yang sama. Sumber: Irish Mirror

Profesor Lain Suthers, seorang ahli biologi kelautan dan kepala ilmuwan yang terlibat langsung dalam penelitian tersebut mengatakan, temuan ini memberikan petunjuk sekaligus mengubah cara ilmuwan mempelajari ikan-ikan muda.

“Tadinya kami berpikir bahwa ikan hanya berkembang di muara pesisir. Saat tersapu ombak ke pantai dalam bentuk larva,  hidupnya telah berakhir,” kata Suthers.

Chauliodontidae, ikan yang gigi depannya tajam. Kredit foto: Marine National Facility
Chauliodontidae, ikan yang gigi depannya tajam. Kredit foto: Marine National Facility

“Namun, yang terjadi adalah pusaran bawah laut merupakan tempat nyaman pembibitan alami jenis-jenis ikan komersial di sepanjang pantai Timur Australia,” ujar Suthers.

Ikan-ikan ‘pemarah’ ini berada sekitar 200 kilometer di lepas pantai Sydney. Akan tetapi, yang lebih mengagumkan dari ekspedisi ini adalah ditemukannya gunung berapi bawah laut berusia 50 jutan tahun lalu yang tidak diduga sebelumnya.

Jenis ikan lain yang ditemukan di gunung api bawah laut. Sumber: CSIRONEWS

Berdasarkan dari penjelajahan laut ini ada empat gunung berapi telah punah yang ditemukan persis dengan keberadaan ikan-ikan tersebut, yaitu 200 kilometer di lapas pantai Sydney. Gunung-gunung ini tersembunyi sekitar lima kilometer dari permukaan laut.

Sekitar 200 kilimeter dari pantai di Sidney ini ditemukan gunung api bawah laut. Sumber: Daily Mail
Sekitar 200 kilometer dari pantai Sidney ini ditemukan gunung api bawah laut. Sumber: CSIRO
Empat gunung api berikut kalderanya di bawah laut. Sumber: CSIRO
Visualisasi empat gunung api berikut kalderanya di bawah laut. Sumber: CSIRO
(Visited 1 times, 4 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , ,