,

Belut Pita Unik Dari Kedalaman Laut

Yang satu ini bukanlah pita penghias rambut, atau kado yang biasa anda gunakan dalam keseharian, melainkan salah satu spesies biota laut yang bentuknya memang sangat serupa dengan pita.

Belut pita atau ribbon eel (Rhinomuraena quaesita) atau bernis belut, adalah spesies belut moray, satu-satunya anggota dari genus Rhinomuraena. Belut pita ditemukan di laguna dan terumbu karang di laut Indo-Pasifik, mulai dari Afrika Timur sampai ke selatan Jepang, Australia dan Polinesia Perancis.

Meskipun umumnya ditempatkan di keluarga moray eel Muraenidae, tetapi ia memiliki beberapa ciri khas, sehingga beberapa menempatkannya dalam keluarga sendiri, yaitu keluarga Rhinomuraenidae.

Belut pita  adalah makhluk yang elegan, dan mempunyai kemiripan dengan mitos naga Cina, yaitu bertubuh kurus panjang dengan sirip punggung yang tinggi. Dan  ada beberapa keunikan dari belut pita ini, diantaranya belut pita dapat dengan mudah dikenali melalui bentuk hidungnya yang menyerupai tanduk atau antena yang melebar.

Keunikan yang lainnya adalah warnanya. Berdasarkan perubahan warna yang diamati, belut pita secara umum dianggap sebagai hermaprodit protandric (pertama jantan, kemudian berubah menjadi betina), meskipun hal ini belum diteliti secara mendalam.

Pada belut pita remaja dan subadults yang berwarna hitam legam dengan sirip punggung kuning.  belut pita dianggap sebagai hermaprodit protandric. Foto : Wisuda
Pada belut pita remaja dan subadults yang berwarna hitam legam dengan sirip punggung kuning. belut pita dianggap sebagai hermaprodit protandric. Foto : Wisuda
Belut pita remaja dan subadults berwarna hitam. Foto : Wisuda
Belut pita remaja dan subadults berwarna hitam. Foto : Wisuda

Perubahan warna terkait dengan perubahan jenis kelamin ini, tidak dimiliki oleh spesies belut moray lainnya . Pada belut remaja dan subadults diduga berwarna hitam legam dengan sirip punggung kuning, dan menginjak usia dewasa, pada belut jantan, warna hitam akan digantikan oleh warna  biru, dan belut betina dewasa sepenuhnya berwarna kuning atau kuning dengan beberapa biru untuk posterior.

Panjang belut jantan dewasa biru berkisar 65-94 cm (26-37 inch ) panjangnya, sedangkan pada belut betina kuning, bisa berukuran lebih besar, yaitu  mencapai hingga 130 cm.

Belut pita jantan dewasa yang berwarna biru. Belut pita dianggap sebagai hermaprodit protandric. Foto : Wisuda
Belut pita jantan dewasa yang berwarna biru. Belut pita dianggap sebagai hermaprodit protandric. Foto : Wisuda
Belut pita betina dewasa berwarna kuning. Foto : Wisuda
Belut pita betina dewasa berwarna kuning. Foto : Wisuda

Di habitat aslinya, belut pita hidup di pasir berbatu atau diantara terumbu karang  yang banyak terdapat ikan-ikan kecilnya, yang juga merupakan makanan dari si belut. Warnanya yang menarik dan melambai-lambai diantara arus laut, merupakan bagian dari keindahan bawah laut yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

(Visited 1 times, 3 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , , , , , ,