,

Shrimpfish, Si Ikan Udang yang Komunal

Ikan yang satu ini, tidak saja unik bentuknya, tetapi tingkah lakunya pun tidak seperti ikan kebanyakan.

Shrimpfish, atau biasa juga disebut razorfish, ikan yang terdiri dari lima spesies kecil dari ikan laut , yang tergabung dalam subfamili Centriscinae dari keluarga Centriscidae.

Spesies yang tergabung dalam genus Aeoliscus dan Centriscus dapat dengan mudah ditemukan di bagian laut tropis yang relatif dangkal, di belahan Indo-Pasifik. Shrimpfish bertubuh hampir transparan dan pipih, dari sisi ke sisi,  dengan moncong panjang dan perut tajam.

Shrimpfish, atau razorfish. Foto : Wisuda
Shrimpfish, atau razorfish. Foto : Wisuda

Mereka berenang dengan cara vertikal, dengan kepala mengarah ke bawah. Shrimpfish dewasa mencapai panjang hingga 20 cm, termasuk moncong mereka.

Ikan ini tampak bentuknya seperti udang sehingga dinamakan shrimpfish, atau juga sedikit menyerupai pisau cukur atau silet, sehingga shrimpfish juga disebut razorfish.

Mereka berenang dalam kelompok yang terkoordinasi, dan dengan sinkroni yang tertata rapi. Walaupun tubuh mereka tegak lurus vertikal dengan kepala di bagian bawah, tapi ini tidak berarti mereka juga arah berenang bergerak secara vertikal juga. Mereka justru berenang dalam arah yang horisontal, tetapi dengan tubuh vertikal.

Shrimpfish atau razorfish.  Foto : Wisuda
Shrimpfish atau razorfish. Foto : Wisuda
Shrimpfish, atau razorfish, mudah ditemukan di bagian laut tropis yang relatif dangkal, di belahan Indo-Pasifik. Foto : Wisuda
Shrimpfish, atau razorfish, mudah ditemukan di bagian laut tropis yang relatif dangkal, di belahan Indo-Pasifik. Foto : Wisuda

Efek keseluruhan berenang yang disinkronkan ini adalah mereka mempunyai kemiripan dengan  gulma, atau duri tinggi dari landak laut raksasa, dan ini juga bisa menakuti atau mengelabuhi para predatornya.ketika dalam keadaan terdesak,  mereka dapat dengan tiba-tiba melesat melarikan diri dengan kecepatan yang mengejutkan.

Mereka juga biasa menari makan mikroorganisme-mikroorganisme yang terdapat di karang atau pasir.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , ,