Alat Ini Bisa Optimalkan Produksi Biogas

Optimalisasi biogas sebagai energi terbarukan terus dikembangkan berbagai kalangan akademis maupun non-akademis, termasuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang menemukan pembersih zat pengotor biogas bernama Zeofilter. Dengan alat ini, produksi biogas lebh optimal.

Adalah Satriyo Krido Wahono, Peneliti Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia (BPPTK) LIPI Yogyakarta penemu alat ini.

Satriyo memulai penelitian 2008 -2009 lalu daftar paten 2010, baru dapat 2015. Biogas, katanya, untuk pembangkit tenaga panas dan listrik. Sumber energi utama biogas adalah metana. Gas lain: H2O, CO2, SO2, H2S dan lain-lain itu pengotor.

“Zat pengotor menyebabkan performa biogas kurang optimal. Zeofilter untuk membersihkan zat pengotor,” katanya kepada Mongabay.

Zeofilter bekerja meningkatkan kadar metana (gas yang memiliki nilai bakar) dalam biogas. Hingga biogas memiliki nilai kalor/energi lebih baik dan optimal. Zeofilter bekerja menyaring atau menangkap gas pengotor (selain metana) namun tidak menangkap metana. Jadi, bisa memisahkan metana dari gas lain dalam biogas.

Adapun kadar metana dalam biogas berkisar 40-75%. Pengoptimalan kadar metana hingga bisa lebih variatif selain untuk memasak. Bisa buat bahan bakar generator listrik.

Salah satu metode meningkatkan kemurnian biogas, katanya, melalui teknik adsorpsi, dengan zeolit alam asli Indonesia. Zeolit alam perlu aktif dan dimodifikasi agar bisa menjadi pemurni biogas. “Produk ini berbahan dasar lokal Indonesia lebih 80%.”

Satriyo menjelaskan, sejarah penggunaan Zeofilter diawali pemanfaatn biogas untuk generator listrik yang beroperasi tak stabil, terkadang bisa menjalankan generator, kadang tidak. “Dengan Zeofilter peningkatan kadar metana 5-20 %.”

Satriyo menjamin dengan memisahkan kotoran gas, biogas makin aman, karena disaring termasuk gas pengotor penyebab bau tidak sedap dan penyebab korosi.

Saat ini dia masih terus pengembangan, bahkan tak hanya menyaring biogas, juga menyaring gas pengotor penyebab polusi udara, material dehidrasi/pemurnian etanol (pengganti bensin) dan katalis proses industri.

Gen set 5.000 watt dengan filter: Foto: Satriyo Krido Wahono
Gen set 5.000 watt dengan filter: Foto: Satriyo Krido Wahono
(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, ,