,

Video: Apa yang Terjadi Kalau Orangutan bertemu Owa di Hutan?

Di alam liar, owa dan orangutan biasanya bersaing satu sama lain untuk berebut makanan dan habitat. Umumnya mereka keluar di waktu yang berbeda, atau jika saling bertemu maka terlibat dalam perkelahian.

Namun, baru-baru ini para peneliti berhasil merekam momen dimana seekor siamang (Hylobates sp) bermain bersama dengan orangutan (Pongo pygmaeus) di Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah.

Video ini diambil sebagai bagian dari penelitian dan konservasi proyek jangka panjang yang dijalankan oleh Orangutan Tropical Peatland Project (OuTrop).

Di dalam video ini tampak, siamang yang diberi nama Chilli sedang menggeluti orangutan yang diberi nama Fio. Mereka menggelitik, dan mengejar satu sama lain di kanopi hutan hujan.

“Saya tidak terkejut melihat mereka bermain bersama, Saya sangat senang karena ini adalah sangat langka,” Susan Cheyne, direktur OuTrop untuk penelitian siamang, mengatakannya kepada Mongabay lewat surat elektroniknya.

“Fio dan Chilli keduanya berusia sekitar 5 tahun tapi kita bisa lihat di video betapa berbedanya mereka bergerak saat bermain bersama,” tutur Cheyne. Dia menambahkan bahwa jenis bermain adalah “penting” untuk pengembangan hewan muda ‘karena membantu mereka belajar keterampilan sosial dan mengembangkan otot-otot mereka.

Tom Lloyd, mahasiswa master dari Oxford Brookes University di Inggris, adalah salah satu yang mengambil foto dan video. “Kami berdiri di sana kagum; kagum dengan dua individu dari spesies yang berbeda hanya melakukan apa yang anak-anak lakukan … bersenang-senang! ”

https://youtu.be/OG3iORVFx8g

Artikel yang diterbitkan oleh