Inilah Penampakan Bunga Rafflesia Terkecil di Dunia

Rafflesia dikenal sebagai vegetasi unik yang hanya dapat ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara. Jika Rafflesia arnoldii di Sumatera sudah dikenal sebagai jenis rafflesia terbesar di dunia, bagaimana bentuk rafflesia terkecil?

Tim peneliti Filipina baru saja melaporkan penemuan bunga rafflesia terkecil di dunia yang ditemukan di pulau Luzon, yang terletak di bagian utara negara tersebut.

Bunga ini memiliki diameter 9,73 centimeter yang membuatnya terlihat seperti “kurcaci” jika dibandingkan semua jenis rafflesia yang selama ini dikenal. Uniknya seperti yang dilaporkan dalam jurnal PhytoKeys, bunga ini tidak berbau menyengat layaknya bangkai, tetapi berbau seperti kelapa.

Salah seorang peneliti, Prof. Perry S. Ong menyebutkan bunga ditemukan secara kebetulan, saat mereka berjalan masuk ke hutan dan secara tidak sengaja tersandung bunga tersebut.

Ong, dan timnya lalu memberi nama spesies ini Rafflesia consueloae untuk menghormati “Consuelo ‘Connie’ Rufino Lopez, mitra industrialis Filipina Oscar M. Lopez.

Rafflesia consueloae dilihat dari samping. Foto: Edwino S. Fernando, CC-BY 4.0.

Dua populasi R. consueloae dijumpai di dua lokasi terpisah di gunung Balukbok dan Pantaburon yang terpisah jarak sejauh dua kilometer di DAS Pantabangan-Carranglan. Lokasi ini terancam deforestasi, yang menyisakan hutan hujan tropis dataran rendah.

“Mengacu kriteria dari IUCN, spesies ini dikategorikan kritis (Critically Endangered),” jelas para peneliti. “Perlindungan lanjutan diperlukan untuk memastikan kelestarian R. consueloae, karena perburuan satwa dan kebakaran hutan cenderung terjadi setiap musim kemarau.”

Rafflesia consueloae adalah jenis rafflesia keenam yang ditemukan di pulau Luzon, dan yang ketigabelas dari seluruh kepulauan Filipina. Seperti jenis rafflesia lainnya, R. consueloae merupakan vegetasi parasit yang tidak memiliki akar, batang atau daun sendiri. Jenis rafflesia tergantung pada tanaman inang untuk air dan nutrisi.

Referensi:

  • Galindon JMM, Ong PS, Fernando ES (2016) Rafflesia consueloae (Rafflesiaceae), the smallest among giants; a new species from Luzon Island, PhilippinesPhytoKeys 61: 37-46. doi:3897/phytokeys.61.7295

Artikel asli:

Smallest of giant flowers ‘accidentally’ discovered in the Philippines. Mongabay.com

Artikel yang diterbitkan oleh
,