Benarkah Makhluk yang Terpanjang Itu Cacing?

Jika ada yang menyebut satwa dengan ukuran tubuh terpanjang di dunia, mungkin yang terlintas di benak kita adalah paus biru (Balaenoptera musculus), mamalia laut yang bisa mencapai panjang hingga 30 meter dan berat 180 metrik ton.

Ada juga yang menyebut ubur-ubur surai singa adalah yang terpanjang di dunia, terutama tentakel yang bisa mencapai panjang hingga 36 meter. Namun, ubur ubur surai singa bukanlah yang terpanjang. Pun paus biru, meski hewan ini terbesar di dunia, namun dia bukanlah yang terpanjang.

Ternyata, satwa dengan rekor ukuran tubuh terpanjang dipegang oleh sejenis cacing pita yang diberi nama cacing tali sepatu (Lineus Longissimus), atau bootlace worm dalam Bahasa Ingris. Cacing ini bisa ditemukan di antara bebatuan di perairan utara Inggris. Satwa ini adalah hewan nemertea terbesar, dan sekaligus diyakini sebagai satwa terpanjang di dunia.

Pada 1864, setelah badai menghantam Skotlandia, seekor cacing berukuran panjang ditemukan terdampar di pantai St. Andrews. Saat tubuhnya mengembang, cacing ini mencapai panjang hingga 55 meter!

Inilah cacing tali sepatu yang tubuhnya mengeluarkan lendir sangat menyengat, beracun pula. Hewan ini menjerat mangsanya dengan cara melilit sehingga si mangsa mati rasa. Uniknya, jika tidak menemukan makanan, cacing ini bisa memakan tubuhnya sendiri.

Tubuh cacing ini selebar 5 – 10 cm, yang dibalut warna coklat dengan garis-garis halus yang membujur di tubuhnya. Habitatnya adalah pantai-pantai berpasir atau berlumpur. Juga di karang yang terisi air laut saat pasang.

Cacing tali sepatu yang panjangnya mencapai 55 meter. Sumber foto: O-prirode.com
Cacing tali sepatu yang panjangnya mencapai 55 meter. Sumber foto: O-prirode.com
Artikel yang diterbitkan oleh
, ,