,

Begini Penampakan Ikan Aneh dari Meksiko yang Menghebohkan

Beberapa hari lalu, seorang nelayan tak sengaja menangkap ikan di lepas pantai Cabo, di Meksiko.

Foto-foto ikan yang diambil dan diupload ke sosial media oleh Jamie Rendon, kapten kapal Dr Pescado yang menemukan ikan ini di kedalaman sekitar 130 meter, segera memicu kehebohan.

Setelah ditangkap, hiu kecil ini kembali dilepaskan ke alam liar karena Rendon berpikir bahwa jenis itu adalah hewan langka yang terancam punah.

“Saya sangat terkejut saat itu. Apa gerangan yang menyebabkan matanya bisa berwarna kehijauan seperti alien,” kata Rendon.

Dari foto-foto yang diunggah, Sekilas hewan ini memiliki bentuk seperti hiu, yang membedakannya adalah bagian perut yang besar dan membuncit, dengan mata berwarna hijau seperti alien, dan sekujur tubuhnya berwarna pink.

Inilah yang kemudian meninggalkan tanda tanya besar di kalangan awam.

ikan aneh yang diduga swell shark atau hiu bengkak.  Foto : dailystars.co.uk
ikan aneh yang diduga swell shark atau hiu bengkak. Foto : dailystars.co.uk

Seperti dilansir dari Daily Star, oleh para nelayan yang menangkapnya, hiu berwujud aneh tersebut disebut sebagai alien fish atau ‘ikan alien’. Meski terlihat sepeti alien, satwa ini memiliki kulit kasar, tiga baris gigi kecil dan tiga insang masing-masing di tiap dua sisi kepala. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa hewan tersebut adalah hiu.

Para ahli perikanan di Meksiko telah menyatakan bahwa si ikan alien tersebut sebenarnya merupakan jenis swell shark atau hiu bengkak. Kulitnya yang berwarna merah muda disebabkan karena hiu ini kekurangan zat pigmen hingga tubuhnya berwarna albino.

ikan aneh yang diduga swell shark atau hiu bengkak albino. Foto : dailystars.co.uk
ikan aneh yang diduga swell shark atau hiu bengkak albino. Foto : dailystars.co.uk

Hiu bernama latin Cephaloscyllium ventriosum ini dikenal mempunyai kemampuan untuk menelan volume air dan udara dalam jumlah besar hingga membuat bagian perutnya membengkak. Perutnya yang besar membuat hewan predator lainnya sulit untuk menggigit atau menelan mereka.

Ciri lainnya adalah memilki panjang sekitar 1 meter dengan tubuh yang kekar, kepala lebar, bermoncong pendek, dan bermulut besar.

Pada kedua rahangnya, baik atas maupun bawah masing-masing berisi 55-60 gigi. Mata mereka berbentuk oval besar dengan lapisan membran.

swell shark atau hiu bengkak.  Foto : dailystars.co.uk
swell shark atau hiu bengkak. Foto : dailystars.co.uk
Artikel yang diterbitkan oleh
, ,