Foto: Laba-laba juga Bisa Berkamuflase

Foto laba-laba yang berkamuflase di dahan pohon telah menghebohkan jagad maya beberapa waktu lalu. Terlebih, bagi para arachnophobia alias mereka yang takut akan laba-laba.

Laba-laba yang dijuluki “wrap-around spider” atau laba-laba bungkus bernama latin Dolophones turrigera ini, ditemukan di Rotary Park Rainforest Reserve, Lismore, New South Wales, Australia, sebagaimana dilansir dari Daily Mail.

2

Secara keseluruhan, wujudnya sebagaimana tipikal spesies Dolophones Australia, yaitu bagian atas abdomennya berbentuk perisai kerucut. Uniknya, ukuran tubuh si betina dewasa mencapai 8 mm, mengalahkan sang jantan yang hanya setengahnya, yaitu 4-5 mm. Sementara, spesies Dolophones yang lain, seperti Dolophones conifera, juga memiliki ukuran yang sama.

3

4

Laba-laba bungkus ini memiliki cekungan di bagian bawah tubuhnya yang memungkinkan untuk melengkung. Seolah, membungkus ranting pohon untuk berkamuflase. Malam hari, biasanya mereka membuat jaring yang menghubungkan ranting-ranting pohon secara vertikal.

Laba-laba ini tergolong tidak berbisa sehingga tidak berbahaya bagi manusia. Saat malam, sang laba-laba akan terlihat jelas saat berada di jaring-jaring yang dibuatnya. Namun, saat siang, laba-laba ini menghabiskan waktunya berkamuflase di ranting pohon. Menghindarkan diri dari predatornya seperti burung dan tawon, yang umumnya aktif di siang hari mencari mangsa.

5

6

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, ,