, ,

Kabar Gembira, Obama dan Mercy Baru Punya Bayi di Bukittinggi

Kabar gembira datang dari Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi. Penghuninya, zebra Afrika Senin melahirkan bayi betina malam (11/4/16). Anak pasangan Obama (pejantan) dan Mercy (betina) ini lahir normal dan sehat, bahkan sudah berjalan-jalan mengitari kandang.

Dari pengamatan kamera CCTV, diperkirakan kelahiran Senin malam (11/4/16) sekitar pukul 23.10. Sebelum melahirkan Mercy tampak berputar-putar di kandang, sekitar 10-15 menit terlihat zebra kecil keluar dari kandang sempoyongan dan masuk lagi.

Kepala Bidang TMSBK Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi, Ikbal mengatakan kelahiran zebra diketahui keesokan hari oleh penjaga satwa kala mau memberi makan.

“Kawan-kawan yang tugas pagi terkejut tau-tau sudah ada anak. Kami perhatikan anak sudah lari-lari mengitari kandang. Setelah lari terlihat tergolek di dekat induk karena belum begitu kuat,”katanya.

Anak zebra berat 25 kilogram, tinggi 1,20 meter ini sehat dan sering menyusu setiap 30-50 menit sekali. Asupan gizi zebra induk lebih digenjot karena anak belum bisa makan kecuali menyusu. Makanan induk rumput gajah, buah-buahan dan ampas tahu. Sore hari makan wortel dan pelet kuda. Untuk memulihkan tenaga, penjaga kebun binatang memberikan telur itik madu. Ibu dan anak zebra diberi vitamin.

“Induk sangat menjaga anak, siapapun mendekat langsung diserang, dokter hewan belum bisa memeriksa anak hanya mengamati dari luar.”

Untuk mengantisipasi prilaku agresif zebra jantan yang mungkin mengganggu betina beserta anak, petugas mereka dengan memberi pembatas. “Zebra jantan terlihat mengintai-ngintai anak. Saya perhatikam sekitar dua bulan terakhir jantan agak jahat, sering menggangu betina dengan menghondohkan kepala ke pasangan.”

Pindahan dari Jawa Timur Park

Obama, Mercy berserta beberapa zebra lainnya didatangkan dari Afrika ke Indonesia sekitar 3,5 tahun lalu. Obama dan Mercy menghuni TMSBK Bukittinggi sejak 30 Mei 2015 setelah TMSBK kerjasama pertukaran satwa dengan Kebun Binatang Batu, Jawa Timur Park.

Dari Malang, zebra dikirim menggunakan truk, selama empat hari perjalanan darat. Empat bulan dirawat atau sekitar September, Mercy nampak hamil, makin lama perut makin besar. Usia kehamilan berkisar 10-13 bulan. Saat kehamilan metua zebra betina dipisah dengan jantan.

Meski telah melahirkan, perut zebra sediki susut, kemungkinan masih ada anak di dalamnya. Itu harapan semua orang.

Di Kebun Binatang Bukittinggi, kelahiran zebra kali pertama. Kebun binatang ini pernah dihuni zebra zaman penjajahan Belanda.

Perlu kandang konservasi

Saat ini, Kebun Binatang Bukittinggi punya 587 binatang termasuk ikan. Sebanyak 45 satwa dilindungi seperti gajah, tapir, rusa, harimau Sumatera, harimau dahan dan lain-lain.

Zebra, membutuhkan kandang konservasi seperti kandang jepit. Jika ada hewan sakit, dokter lebih aman dan mudah menangani. Saat ini, hanya kandang peraga, kalau tiba-tiba ada satwa sakit, hamil dan melahirkan dengan membius. Beda jika ada kandang jepit, petugas medis tak perlu membius.

Mercy, dan si buah hati. Foto: Vinolia
Mercy, dan si buah hati. Foto: Vinolia
Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,