,

Plasticology, Kampanye Peduli Sampah Plastik Melalui Seni. Seperti Apa?

Di tangan I Made Muliana Bayak, limbah sampah bisa menjadi bahan-bahan bernilai seni tinggi.

Sejak 2008, alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Bali tersebut menggagas plasticology, kampanye yang menggabungkan karya seni rupa dengan kritik terhadap lingkungan, terutama sampah plastik di Bali. Melalui proyek plasticology, seniman yang lebih akrab dipanggil Bayak ini mengajarkan kepada publik bahwa sampah bisa diolah menjadi karya seni.

Plasticology berawal dari pengalaman personal Made Bayak ketika masih kuliah di ISI Denpasar. Ketika naik sepeda motor menuju kampus, di depannya ada mobil mewah. Si pengendara mobil dengan cueknya membuang ke sampah ketika mobil masih berjalan. “Sampah itu hampir saja mengenai wajah saya,” katanya.

Gara-gara kejadian itu, Bayak lalu berpikir bahwa membuang sampah pun masih dianggap sepele oleh banyak orang.

Di kesempatan lain dalam sebuah pameran, Bayak yang juga musisi ini mendapat pertanyaan dari pengunjung, “Apa sih yang bisa dilakukan seni? Memangnya seni bisa mengubah keadaan?”.

Dua pengalaman itu membuat Made Bayak geregetan. Dia ingin menunjukkan bahwa seni rupa juga bisa menjadi bagian dari alat untuk mengubah kepedulian publik pada isu lingkungan. Dia memperjuangkannya lewat gerakan Plasticology Art Project.

Dari namanya, plasticology menggabungkan dua hal yaitu plastik dan ekologi. Dalam proyek ini, seniman kelahiran Gianyar tersebut membuat karya-karya ikonik tentang Bali dari media-media sampah plastik.

“Dalam karya seni ini ada unsur edukasi masalah lingkungan khususnya sampah plastik dan sedikit mengubah pola pikir bahwa yang kita anggap sampah atau barang tak bernilai masih bisa dimanfaatkan,” katanya.

Pada Januari – Maret 2012 misalnya, Bayak yang juga pemain bas band metal dari Bali Geeksmile itu menggelar pameran tunggal bertema Fresh from the Oven di Galeri Santrian, Sanur, Denpasar. Selama pameran itu Bayak tak hanya menampilkan karya-karya dua dimensi sarat kritik tentang isu-isu aktual di Bali, seperti eksploitasi dan komersialisasi tradisi, tapi juga ada seni instalasi menggunakan sampah sebagai kritik terhadap lingkungan.

Persoalan Sampah

“Saat ini, pesona yang dimiliki Bali justru terancam akibat eksploitasi alam dan banyaknya sampah di pulau ini,” ujarnya.

Bayak memberikan perkiraan jumlah sampah di Bali tersebut. Saat ini, sampah di Bali mencapai 5.000 hingga 10.000 ton per hari. Tiap hari, satu penduduk mengeluarkan sampah padat 2,75 kg dan limbah cair 3 liter. Jika jumlah penduduk Bali adalah 4,1 juta jiwa (BPS, 2014), maka jumlah sampah padat dalam mencapai 11.275 ton per hari sedangkan limbah cair mencapai 12.300 ton limbah cair.

Data lain menyebutkan tiap hari Bali memproduksi sampah sekitar 10.000 meter kubik dengan 11 persen di antaranya adalah sampah plastik. Kedua data itu menunjukkan hal sama, jumlah sampah di Bali makin banyak dan kurang tertangani dengan baik. Kita dengan mudah melihatnya bahkan hingga di pedalaman pedesaan Bali. Sampah-sampah plastik dibuang sembarangan di pinggir jalan tanpa penanganan sama sekali.

Sampah menjadi persoalan besar seperti di Bali. Sampah di Bali per hari bisa mencapai 11 ribu ton. Foto : Anton Muhajir
Sampah menjadi persoalan besar seperti di Bali. Sampah di Bali per hari bisa mencapai 11 ribu ton. Foto : Anton Muhajir

Di di sisi lain, menurut Bayak, sebagian besar warga di Bali belum terbiasa untuk mengolah atau melakukan daur ulang sampah. Pada zaman dahulu, menurutnya, orang yang habis makan hanya membuang sampahnya di lahan kosong di belakang rumah. Pada saat itu bungkus makanan yang digunakan lebih banyak berupa bahan organik, seperti daun.

Ketika bungkus-bungkus makanan saat ini sudah berganti dengan bahan tidak ramah lingkungan seperti plastik dan styrofoam, perilaku warga tidak berubah. “Mereka masih membuang sampah di halaman belakang rumah. Padahal, sampah-sampah saat ini tidak bisa terurai seperti halnya daun,” tambahnya.

Karena itulah, Bayak berusaha mengenalkan kepada publik agar sampah-sampah plastik maupun sampah padat bisa diolah menjadi karya seni. Selain melalui pameran-pameran seni rupa, Bayak juga mengenalkan proyek plasticology ke sekolah-sekolah maupun komunitas-komunitas di berbagai tempat di Bali. Hampir tiap minggu, Bayak secara personal mengajarkan cara mengubah sampah padat menjadi karya seni.

Pada akhir April lalu, misalnya, Bayak dengan proyek plasticology ikut serta kegiatan Gerakan Peduli Sampah di Singaraja, Bali utara. Bayak memberikan pelatihan kepada anak-anak SMP dan SMA cara membuat seni instalasi dengan plastik-plastik bekas. Plastik-plastik yang biasanya dibuang langsung begitu saja, sekarang diubah menjadi kanvas untuk tempat melukis.

Made Bayak memberikan pelatihan Plasticology di sekolah-sekolah di Bali. Foto : Made Bayak.
Made Bayak memberikan pelatihan Plasticology di sekolah-sekolah di Bali. Foto : Made Bayak.

Di kesempatan lain, Bayak juga mengajarkan anak-anak untuk mengolah sampah padat menjadi mainan. Misalnya membuat mainan dari bahan-bahan bekas. Malah, dia sendiri membuat mainan serupa namun dikemas sedemikian sebagai sebuah karya seni yang dia jual juga.

Bayak memajang sebagian karya-karyanya tersebut di website personalnya. Dia juga menjualnya. Sebagai contoh karya instalasi Beauty is Pain dia buat dari bekas boneka Barbie dengan roda bekas mobil mainan. Karya itu dia jual seharga Rp1 juta. Ada pula bekas kaleng bir yang dia daur ulang menjadi benda seperti cat semprot berjudul Vandalism Tools yang dijual seharga Rp2 juta.

Menurut Bayak, hasil penjualan karya-karyanya itulah yang menjadi modal dia untuk mengampanyekan plasticology ke berbagai tempat di Bali.

Napoli Itali

Kampanye plasticology tak hanya di Bali atau tempat lain di Indonesia. Pada Februari lalu, selama dua minggu dia untuk mengenalkan proyek seni tersebut di Napoli, Italia. Dia berpameran di Pusat Seni dan Budaya Il Ramo d’Oro membawa karya-karya yang bertema plastik dan lingkungan di Bali.

“Saya ingin mengenalkan sisi lain Bali, bukan dari apa yang sudah ada di brosur-brosur pariwisata,” ujarnya. Karya-karya Bayak selama di Italia tetap syarat kritik terhadap kondisi sosial, budaya, dan lingkungan Bali.

Karena itu pula selama di Italia, Bayak juga mengangkat isu Bali Tolak Reklamasi. Dia berdiskusi dengan mahasiswa Universitas L’Orientake Napoli tentang gerakan yang sudah berjalan tiga tahun untuk menolak rencana reklamasi Teluk Benoa di Bali itu.

Made Bayak di Napoli Italia mengampanyekan Plasticology. Foto :Made Bayak
Made Bayak di Napoli Italia mengampanyekan Plasticology. Foto :Made Bayak

Bayak sendiri memang termasuk seniman yang terlibat dalam gerakan ini sejak awal. Pada November 2014 silam, dia bahkan membuat seni pertunjukan diuruk pasir dalam konser Bali Tolak Reklamasi di Padanggalak, Denpasar.

“Proyek seni plasticology ini mungkin kecil sekali dampaknya terhadap lingkungan. Namun, setidaknya bisa memberikan sumbangan bagi peradaban hari ini. Inisiatif itu penting sekecil apapun bentuknya,” kata Bayak.

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,