Genap Empat Tahun Mongabay-Indonesia Hadir untuk Anda

mongabay.co.id-logo

Mongabay-Indonesia, dilaunching di Jakarta pada bulan Mei 2012 sebagai media berita lingkungan. Terimakasih atas dukungan anda selama ini.

Isu lingkungan di Indonesia adalah keniscayaan. Rusaknya hutan, penggunaan energi kotor dan dampak polusi yang terjadi, hilangnya keragaman hayati, konversi lahan yang sewenanang-wenang bagi industri ekstraktif, ancaman ketersediaan pangan, hingga overfishing samudera adalah beberapa contoh degradasi lingkungan yang ada dan terus terjadi.

Berangkat dari keprihatinan itu, Mongabay-Indonesia didirikan. Bermula dari sebuah mimpi pendiri Mongabay-Indonesia, konservasionis internasional Rhett A. Butler, Mongabay-Indonesia ditransformasikan dan dikelola oleh seratus persen orang Indonesia secara independen dan otonom.

Sejak berdirinya, Mongabay menyadari bahwa tidak banyak informasi lingkungan di Indonesia yang dipahami oleh publik. Demikian pula, masih sangat sedikit media di Indonesia yang memiliki fokus dan kekhasan dalam penyajian informasi lingkungan yang update, bernas dan menyegarkan.

Dalam empat tahun perjalanannya di Indonesia, kami bersyukur dalam waktu yang singkat itu, kami disambut dengan suka cita. Dengan pengunjung lebih dari 1,5 juta perbulan (dan masih terus bertambah), puluhan ribu likers dan follower yang ada, Mongabay-Indonesia semakin yakin bahwa kehadiran kami ini memberi dampak penting bagi publik.

Kami bangga, ketika para jurnalis Mongabay, mereka adalah orang-orang muda idealis yang peduli lingkungan Indonesia, bekerja dengan keras dan giat, menggali informasi dan menyebarluaskannya lewat website ini untuk anda.

Tak heran, saat ini Mongabay-Indonesia dikenal sebagai rujukan informasi lingkungan di Indonesia. Mongabay-Indonesia dikenal dari pimpinan negara tertinggi: Presiden, para menteri, gubernur, anggota DPR, para akademisi, publik figur, motivator, aktivis, artis, cendekia, siswa dan mahasiswa, hingga orang-orang kebanyakan yang tinggal di berbagai pelosok wilayah negeri.

Dalam mencerdaskan bangsa, kami juga jumpai berbagai artikel Mongabay-Indonesia yang dijadikan bahan rujukan perkuliahan, wacana diskusi ilmiah, kutipan artikel ilmiah, bahkan hingga dijadikan bahan disertasi.

Kami juga berbangga, Mongabay-Indonesia telah dipercaya oleh berbagai Perguruan Tinggi untuk menjadi tempat para mahasiwa magang, yang ingin tahu lebih jauh dan belajar tentang publikasi dan jurnalisme lingkungan.

Kami berbahagia ketika liputan kami menjadi bahan masukan penting bagi para pengambil kebijakan di negeri kami, untuk mewujudkan pengelolaan lingkungan, dan tata kelola sumberdaya alam yang semakin demokratis, transparan dan mewujudkan keadilan sosial dan ekologis bagi seluruh bangsa dan komponen alam yang ada di negara ini.

Di Situlah Mongabay Indonesia hadir. Dalam berbagai bentuk pluralitas negeri, kita pun disatukan oleh satu kata: peduli dengan alam dan lingkungan Indonesia.

Di saat yang berbahagia ini, ijinkan kami mengucapkan selamat berpuasa bagi anda yang saat ini sedang menjalankan ibadah. Semoga amal ibadah mendapat balasan. Lestarilah negeriku

Selamat ulang tahun buat Mongabay dari berbagai pihak.

https://www.youtube.com/watch?v=IpDh9fyIc-4&feature=youtu.be

Artikel yang diterbitkan oleh