Benarkah Ini Penampakan Loch Ness, Si Monster Danau?

Seorang fotografer amatir, Ian Bremner (58 tahun) sedang mengendarai mobilnya di sekitar dataran tinggi, saat matanya dikejutkan oleh penampangan luar biasa yang dia yakini sebagai monster legendaris danau Loch Ness yang berenang di permukaan air.

Bisa jadi, inilah bukti yang paling meyakinkan bahwa Nessie, sang monster Danau Loch Ness benar-benar ada. Bisa jadi pula ini hanyalah anjing laut atau makhluk lain.

“Inilah pertama kali saya melihat Nessie di danau tersebut. Akan sangat luar biasa jika sayalah yang pertama kali menemukannya” ujar Bremner sebagaimana diberitakan Huffington Post.

Inilah foto yang menunjukkan Nessie, namun bisa jadi ini merupakan anjing laut. Foto: Ian Bremner SWNS.vom
Inilah foto yang menunjukkan Nessie, namun bisa jadi ini merupakan anjing laut. Foto: Ian Bremner SWNS.vom

Dia memfoto gambar tersebut Sabtu sore, di titik antara desa Dores dan Inverfarigaig, Skotlandia. Bremner mengatakan, sebelumnya dia meragukan cerita legenda Nesie, sekarang dia percaya bahwa makhluk itu benar ada.

Legenda Nessie dapat dilacak hingga 1.500 tahun yang lalu. Konon, banyak orang yang mengaku melihat makhluk misterius yang dideskripsikan Nessie itu sebagai makhluk berleher panjang dengan punuk di punggung seperti dinosaurus. Diperkirakan panjangnya sekitar 5 – 12 meter.

Foto legenda Loch Ness yang diambil oleh Robert Wilson pada 1934. Foto: AP
Foto legenda Loch Ness yang diambil oleh Robert Kenneth Wilson pada 1934. Foto: Associated Newspapers

Nessie sering dibandingkan dengan plesiosaurus yang dianggap telah punah 60 juta tahun lalu. Plesiosaurus adalah hewan berdarah dingin yang membutuhkan kehangatan dari lingkungan sekitar. Secara ilmiah, plesiosaurus tidak akan dapat bertahan hidup di lingkungan air dingin seperti Loch Ness. Ia juga membutuhkan udara untuk bernafas. Apabila Nessie adalah plesiosaurus, tentu saja penampakannya akan lebih sering terjadi.

Danau Ness di Skotlandia. Foto: Wikipedia
Danau Ness di Skotlandia. Foto: Wikipedia

Orang sering menyebut Danau Loch Ness, namun sebutan tersebut tidak tepat. “Loch” berarti danau, jadi Loch Ness berarti danau Ness. Loch Ness terletak di Skotlandia bagian utara. Danau ini termasuk salah satu danau terbesar di Skotlandia, hanya kalah besar dibanding Loch Lomond. Panjangnya 36,3 kilometer dan lebarnya 2,7 kilometer dengan kedalaman hingga 132 meter.

Istilah Nessie pertama kali diciptakan jurnalis surat kabar pada 1933, dan sejak saat itu Nessie mendunia. Apakah benar foto hasil jepretan Ian Bremner adalah sang monster legendaris danau Loch Ness di Skotlandia itu ? Mungkin bukan.

Tapi apapun itu, semoga makhluk ini tidak berbahaya.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,