25 Makhluk Hidup Terbesar di Planet Bumi (Bagian 2)

Banyak dari kita yang mungkin merasa cukup sulit untuk memahami kehidupan di Planet Bumi dengan segala keragamannya. Tidak hanya burung, reptil dan mamalia yang tekah kita ketahui tetapi ada juga virus, bakteri, protista, invertebrata, dan jamur yang belum banyak diteliti.

Sebagaimana dilansir dari ThoughtCo. dan sumber lainnya, inilah 25 makhluk hidup terbesar yang hidup di Bumi, mulai dari virus (dengan standar mikroskopis) hingga koloni pohon. Kami masukkan juga makhluk-makhluk terbesar di antara keduanya

Tulisan ini merupakan bagian kedua. Tulisan pertama bisa dibaca dengan meng-klik tautan ini.

 

Ubur-ubur surai singa atau Lion’s mane jellyfish. Sumber : Getty Images via ThoughtCo.

 

11. Ubur-ubur Terbesar – Ubur-ubur Surai Singa (panjang 36 meter)

Ubur-ubur surai singa (Lion’s mane jellyfish) merupakan salah satu jenis ubur-ubur beracun dengan ukuran besar. Meski ditakuti, namun penyelam yang pernah melihatnya mengatakan inilah hewan invertebrata paling cantik yang pernah mereka temui.

Panjang tubuhnya bisa mencapai 36 meter, sangat panjang , mengingat paus biru terbesar pun, panjangnya ‘hanya’ mencapai 33 meter.

 

Burung terbang terbesar dan terberat, Burung Kori Bustard. Sumber : Getty Images via ThoughtCo.

 

12. Burung Terbang Terbesar dan Terberat – Burung Kori Bustard (18 kg)

Burung ini begitu berat, dan seolah menjadi anomali teori aerodinamis, karena berat badannya seolah tak memungkinkannya terbang. Burung-burung lain yang seberat dengannya juga tidak bisa terbang.

Tak hanya mampu terbang, burung ini juga mampu mengepakkan sayapnya hingga beberapa menit tanpa henti. Meski bisa terbang, burung ini menghabiskan banyak waktunya di darat, dan memakan hewan kecil apapun yang bergerak di dekatnya.

 

Kelp raksasa adalah rumput laut yang merupakan makhluk hidup protista terbesar. Foto : Sumber : Getty Images via ThoughtCo.

 

13. Protista Terbesar – Kelp raksasa (30 meter)

Banyak orang yang menganggap bahwa di dunia ini   hanya ada empat kategori kehidupan : bakteri, tumbuhan, jamur dan hewan. Namun jangan lupakan protista, organisme eukariotik primitif yang cenderung bergabung dalam struktur yang lebih luas.

Agak mengherankan, semua rumput laut adalah protista, dan rumput laut terbesar dari mereka semua adalah kelp raksasa,  yang bisa tumbuh hingga dua kaki per hari dan mencapai panjang lebih dari 30 meter. Seperti yang bisa Anda bayangkan, hutan kelp, yang menggabungkan banyak individu kelp raksasa, berukuran sangat besar, dan menjadi rumah bagi berbagai organisme laut.

 

Burung unta atau ostrich. Sumber : Getty Images via ThoughtCo.

 

14. Burung Tidak Terbang Terbesar – Burung Unta (136 kg)

Burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup. Dengan tinggi hingga 2,5 meter, burung ini seringkali ditunggangi untuk mengikuti perlombaan di beberapa negara di Afrika utara dan Arab.

 

Anaconda hijau atau green anaconda. Sumber : Getty Images via ThoughtCo.

 

15. Ular Terbesar – Anaconda Hijau (227 kg)

Anaconda hijau yang banyak ditemukan hutan hujan di daerah Amerika Selatan, mempunyai kemampuan renang yang baik. Ciri fisik umum yang dimilikinya adalah kulit yang berwarna olive green dengan bercak hitam di seluruh tubuh.

Dikenal sebagai predator paling ditakuti, Anaconda hijau memiliki kemampuan bersembunyi yang hebat. Letak mata dan hidung yang berada di kepala bagian atas, memungkinkan hewan ini mengintai mangsa tanpa diketahui kehadirannya.

 

Kerang raksasa atau giant clam. Sumber : Getty Images via ThoughtCo.

 

16. Kerang Terbesar – Kerang Raksasa (220 kg)

Giant Clam (kerang raksasa) adalah moluska yang benar-benar berukuran besar. Cangkang kembarnya berdiameter 1.3 meter, dan inilah yang membuatnya berat, karena cangkangnya saja seberat 40 kg.

Meskipun besar, kerang raksasa ini hanya akan menutup cangkangnya jika terancam, dan tidak membahayakan manusia.

 

Tete Musa bersama penyu belimbing yang baru selesai bertelur di Pantau Inggrisau. Foto: Saireri Paradise Foundation/Mongabay Indonesia

 

17. Penyu terbesar – Penyu Belimbing (453 kg)

Penyu belimbing  merupakan sejenis penyu raksasa dan satu-satunya jenis dari suku Dermochelyidae yang masih hidup. Penyu ini merupakan penyu terbesar di dunia dan merupakan reptil keempat terbesar di dunia setelah tiga jenis buaya.

Seperti spesies penyu laut lainnya, penyu belimbing terancam oleh pengambilan telurnya, perburuan penyu dewasa untuk diambil dagingnya, pengrusakan pantai tempat bertelur, dan kematian tidak sengaja karena tertangkap oleh kapal ikan.

 

Crocodylus porosus (Buaya muara). Foto : istimewa

 

18. Reptil Terbesar – Buaya Muara (1000 kg)

Buaya terbesar yang masih hidup di bumi, adalah buaya air asin / buaya estuarine. Rata-rata ukuran jantannya mencapai 5 meter dengan berat 450 kg, namun pernah ditemukan pada ukuran 7 meter seberat 1000 kg.

Umumnya dinamakan man-eater (pemakan manusia), karena buaya ini terkenal pernah (dan sering) memangsa manusia yang memasuki wilayahnya. Buaya ini tersebar di seluruh perairan dataran rendah dan perairan pantai di daerah tropis Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Australia (Indo-Australia)

 

Mola-mola, salah satu ikan berukuran raksasa yang menjadi kekayaan segitiga terumbu karang. Foto: NOAA

 

19. Ikan Terbesar – Ikan Mola-mola (2.2 ton)

Mola-mola, nama yang berasal dari bahasa latin “millstone” yang artinya batu gerinda. Julukan ini diberikan karena bentuk tubuhnya yang menyerupai batu dengan warna abu-abu. Teksturnya kasar dan bentuk badannya bulat.

Spesies ini sering disebut sunfish yang berarti ikan matahari karena kegemarannya berjemur. Ikan ini memang alergi air dingin meski hidupnya di laut. Mola-mola merupakan ikan bertulang terberat di dunia yang rata-rata beratnya 2,2 ton, bahkan pernah tercatat hingga 5,1 ton. Panjangnya sekitar 3-4 meter.

 

Gajah semak Afrika. Sumber : wikimedia commons

 

20. Mamalia Terestrial Terbesar – Gajah Semak Afrika (6 ton)

Gajah Semak Afrika merupakan hewan darat terbesar dengan bobot lebih dari 6 ton. Tubuhnya dapat tumbuh hingga panjang 6-7 meter. Gadingnya bisa tumbuh hingga berukuran hampir 2,5 meter dan memiliki berat antara 25 dan 50 kg.

Gajah Semak Afrika tidak memiliki predator alami yang benar-benar mengancam kelangsungan hidupnya, manusia lah yang menjadi ancaman terbesar Gajah Semak Afrika. Banyak hewan eksotis ini dibunuh untuk diambil gadingnya.

 

Satu dari 26 ekor hiu paus di di Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Papua Barat yang diteliti oleh Tim peneliti memeriksa kesehatan dari 26 ekor hiu paus di di Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Papua Barat. Foto: Mark V Erdmann/CI Indonesia/Mongabay Indonesia

 

21. Hiu Terbesar – Hiu paus (10 ton)

Meski besar, hiu paus dikenal jinak kepada manusia dan hewan laut lainnya. Dia juga memiliki gigi yang berukuran 6mm saja dan tidak setajam hewan laut kelompok hiu lainnya.

Di Indonesia, hiu paus dikenal juga dengan sebutan hiu totol atau gurano bintang. Penamaan tersebut muncul karena fisik hiu paus dipenuhi pola totol-totol di seluruh kulitnya. Yang unik, seperti sidik jari manusia, masing-masing individu hiu paus dipastikan memiliki pola totol-totol yang berbeda.

 

Paus biru atau blue whale. Sumber : Getty Images via ThoughtCo.

 

22. Hewan Laut Terbesar – Paus Biru (200 ton)

Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah makhluk laut yang berukuran sangat besar. Diyakini sebagai makhluk hidup terbesar yang pernah hidup di Planet Bumi, lebih besar dari dinosaurus.

Paus biru terbesar yang pernah tercatat, beratnya sekitar 181 ton dengan panjang 33 meter. Jika diletakkan di atas tanah, ukurannya sepanjang 9 mobil keluarga. Jantung paus biru ini sebesar mobil. Saluran pembuluh darahnya yang begitu besar membuat kita bisa berenang di dalamnya.

 

Jamur madu atau honey fungus. Sumber : Getty Images via ThoughtCo.

 

23. Jamur Terbesar –  Jamur Madu (600 ton)

Jamur madu memiliki warna seperti cairan madu. Jamur madu terbesar ditemukan di Blue Mountains, Oregon, Amerika Serikat. Ukurannya mencapai 965 hektar, mencakup wilayah seluas 1.665 kali lapangan bola, dengan berat mencapai 600 ton.

 

Pohon sequioa atau Sequoiadendron giganteum. Sumber : Getty Images via ThoughtCo.

 

24. Pohon Terbesar – Pohon Sequoia Raksasa (1000 ton)

Inilah pohon raksasa, pohon terbesar di Planet Bumi. Pencakar langit alami ini berada di sebuah kawasan kecil di lereng barat pegunungan Sierra Nevada, California, Amerika. Pohon itu adalah Sequoiadendron giganteum atau sequoia raksasa.

Pohon sequoia tertinggi di dunia adalah Hyperion Tree, yakni pohon redwood pesisir yang tingginya 115 meter. Sementara pohon terbesar di dunia diukur dari volumenya adalah General Sherman.

 

Pohon Pando, koloni pohon terbesar di dunia. Sumber : Getty Images via ThoughtCo.

 

25. Koloni Pohon Terbesar – Pando (6600 ton)

Sepintas, sepertinya tidak ada yang istimewa dengan pepohonan tersebut karena terlihat hanyalah pohon-pohon berukuran biasa di hutan Fishlake National Park, Utah. Namun, berkat pengujian genetik, diketahui bahwa hutan yang meliputi area seluas 46 hektar ini sebenarnya adalah organisme klonal tunggal yang tumbuh dari benih tunggal kuno.

Pohon ini menyebar karena akarnya yang mampu mengirim tunas yang tumbuh menjadi apa yang terlihat seperti pohon individu. Karena semua pohon di hutan ini (semunya sekitar 47.000 pohon) adalah bagian dari organisme yang sama, maka perilaku hutan ini juga luar biasa.

Hutan ini diperkirakan sudah berusia 80 ribu tahun, dan secara keseluruhan diperkirakan mempunyai berat 6.600 ton, yang membuatnya menjadi organisme terberat dan tertua di muka bumi.