Foto: Satwa-satwa Terancam Punah di Dunia Karya Tim Flach

 

Fotografer Tim Flach terkenal dengan bukunya More Than Human yang menampilkan potret satwa menakjubkan dari beragam spesies. Foto-foto tersebut banyak menjadi perbincangan di dunia fotografi, karena keberhasilan Flach menghasilkan gambar-gambar luar biasa.

Terbaru, Flach menampilkan sebuah seri fotografi yang disebut Endangered. Buku ini diterbitkan oleh Abrams Books dengan teks ahli zoologi Jonathan Baillie.

 

 

Setelah berkeliling dunia selama 20 bulan, Flach berhasil mengumpulkan 180 foto hewan dan ekosistem mengagumkan yang menghadapi kondisi sulit. Setiap hewan yang terancam punah, tercantum dalam salah satu kategori Daftar Merah IUCN, baik yang Rentan (Vulnerable), Genting (Endangered), maupun Kritis (Critically Endangered).

Flach menuturkan, pesan yang paling penting dari buku ini bukan sekadar gambar-gambar satwa semata, tapi setiap aspek keberadaan kita di bumi dipengaruhi oleh alam sekitar. Dengan lebih tujuh jam sehari yang kita habiskan di internet, jelas bahwa kita tidak memiliki kepekaan yang sama dengan yang dimiliki pendahulu kita terhadap lingkungan mereka.

“Saya ingin menunjuk pada penggerak ekologi kemanusiaan melalui penggambaran hewan dan saya memilih beberapa spesies untuk menunjukkannya,” kata Flach dalam situsnya.

Berikut foto-foto spektakuler karya Tim Flach yang tersusun rapi di Buku Endangered, sebagaimana dilansir dari The Guardian dan Gizmodo.

 

Monarch butterfly, Danaus plexippus. IUCN Red List status: Not Evaluated. Foto: Tim Flach via The Guardian

 

 

White-bellied pangolin, Phataginus tricuspis. IUCN Red List status: Vulnerable. Foto: Tim Flach via The Guardian

 

 

Bengal tiger, Panthera tigris. IUCN Red List status: Endangered. Foto: Tim Flach via The Guardian

 

 

Polar bear, Ursus maritimus. IUCN Red List status: Vulnerable. Foto: Tim Flach via The Guardian

 

 

Common hippopotamus, Hippopotamus amphibius. IUCN Red List status: Vulnerable. Foto: Tim Flach via The Guardian

 

 

Ploughshare tortoise, Astrochelys yniphora. IUCN Red List status: Critically Endangered. Foto: Tim Flach via The Guardian

 

 

Military macaw, Ara militaris. IUCN Red List status: Vulnerable. Foto: Tim Flach via The Guardian

 

 

White-backed African vulture, Gyps africanus. IUCN Red List status: Critically endangered. Foto: Tim Flach via The Guardian

 

 

Antelop Saiga, Saiga tatarica. IUCN Red List status: Critically Endangered. Foto: Tim Flach via Gizmodo

 

 

The pied tamarin, Saguinus bicolor. IUCN Red List status: Endangered. Foto: Tim Flach via Gizmodo

 

 

Yunnan snub-nosed monkey, Rhinopithecus bieti. IUCN Red List status: Endangered. Foto: Tim Flach via Gizmodo

 

 

Northern white rhinoceros, Ceratotherium simum cottoni. IUCN Red List status: Critically Endangered. Foto: Tim Flach via Gizmodo

 

 

 

Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,