,

Segitiga Terumbu Karang: Bukan Sekedar Rumah Ikan…

Diantara enam negara yang menjadi bagian dari pusat penyelamatan terumbu karang dunia bernama Coral Triangle Initiative, Indonesia adalah negara yang memiliki garis pantai terpanjang yang harus dilindungi, yaitu sepanjang 80.791 kilometer! Garis pantai ini bahkan jauh lebih panjang dibanding urutan kedua di negara yang termasuk dalam Coral Triangle Initiative (CTI) yaitu Filipina, yang hanya sepanjang 22.540 kilometer.

Segitiga terumbu karang dunia atau Coral Triangle memiliki 30% dari seluruh jenis terumbu karang yang ada di dunia, 86% dari spesies penyu laut yang ada di dunia, 2.228 spesies ikan, dan lebih dari 500 spesies terumbu karang. Segitiga termbu karang dunia, memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia dan seringkali disebut sebagai “Pusat dari Keanekaragaman hayati dunia” oleh berbagai peneliti di seluruh dunia.

Segitiga terumbu karang adalah sebuah tempat perkembangbiakan berbagai spesies perairan di wilayah ini, di Indonesiea saja ada 1650 spesies yang bergantung pada terumbu karang. Lokasi ini juga memiliki 75% dari seluruh spesies mangrove atau bakau di seluruh dunia, dan 45% spesies rumput laut.

Mola-mola, salah satu ikan berukuran raksasa yang menjadi kekayaan segitiga terumbu karang. Foto: NOAA

Tak hanya bagi mahluk air, terumbu karang pun menjadi sumber protein bagi manusia lewat ikan-ikan yang tumbuh besar di wilayah ini. Di Indonesia, sekitar 60% protein nabati diperoleh dari ikan. Artinya, sekitar 120 juta orang bergantung pada pasokan ikan di perairan sebagai sumber pangan mereka. Hal ini belum termasuk menjadi sumber pendapatan sebesar 2.4 juta dollar AS dari bisnis perikanan dan 12 juta dollar AS dari bisnis pariwisata di Asia Tenggara, termasuk Pulau Komodo dan Kepulauan Raja Ampat.

Jadi, kehilangan terumbu karang, tak hanya kehilangan ikan sebagai sumber pangan, namun juga kehilangan sebuah rantai kehidupan bagi manusia. Anda tak akan pernah sadar, telah kehilangan sebuah kekayaan hayati yang luar biasa, hingga saatnya anda merasakannya….

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , ,