Bumblebee Shrimp Yang Semakin Langka…

Siapa yang tak mengenal udang ? hampir setiap orang mengenal hewan ini. Rasanya yang lezat, dan kandungan gizinya tinggi, membuatnya dihargai cukup mahal di pasaran.

Jenis udang yang satu ini pun tidak kalah terkenalnya, walaupun tidak di kalangan pecinta makanan laut, setidaknya udang mungil berukuran maksimal 1,5 cm ini, menjadi buruan favorit, para pehobi fotografi underwater, untuk mengabadikan keindahan dan keunikan warna tubuhnya.

Gnathophyllum americanum demikian nama latinnya. Warna tubuhnya yang bergaris-garis hitam dan kuning sehingga serupa dengan lebah madu, membuatnya  juga disebut striped bumblebee shrimp.

Pencari udang hias yang mengumpulkan spesies laut untuk dijual. Salah satunya Bumblebee Shrimp. Foto: Wisuda
Pencari udang hias yang mengumpulkan spesies laut untuk dijual. Salah satunya Bumblebee Shrimp. Foto: Wisuda

Udang laut ini banyak ditemukan pada negara-negara beriklim tropis, termasuk Indonesia dan di wilayah Karibia. Ini karena si udang hidup di suhu 20 sampai 25 derajat celcius. Makanan favoritnya adalah lumut atau tumbuhan algae yang banyak menempel pada karang. Selain itu, udang bumblebee juga sangat menyukai kayu-kayu yang sudah melapuk di dalam laut.

Di Indonesia sendiri, bumblebee shrimp masih  dapat ditemui di perairan indonesia bagian timur, seperti Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi. Di indonesia tengah terdapat di Bali, Nusa tenggara Barat, dan beberapa daerah di Kalimantan. Dan di Indonesia Bagian Barat terdapat di sebagian Sumatera saja.

Udang bumblebee, terkadang juga dapat ditemukan pada hewan-hewan echinodermata, seperti bulu bai, tripang dan bintang laut.

Warnanya yang indah membuat orang menangkapnya untuk menjadikan satwa peliharaan. Foto: Wisuda
Warnanya yang indah membuat orang menangkapnya untuk menjadikan satwa peliharaan. Foto: Wisuda

Agak sulit menemukannya di siang hari. Karena bumblebee shrimp termasuk hewan nocturnal, atau lebih banyak beraktivitas di malam hari. Dan hidup pada kedalaman 1 hingga 45 meter. Dengan tubuhnya yang mungil itu, dia dapat mudah menyelinap ke sela-sela atau lubang-lubang di karang-karang keras, untuk melindungi diri dari kejaran para predator alamnya, seperti ikan, kepiting, cumi-cumi dan sotong.

Sayangnya, di Indonesia, selain dijadikan obyek foto, bumblebee shrimp juga dicari nelayan untuk dijual sebagai udang hias. Ini membuat keberadaannya semakin berkurang. Harganya yang cukup menggiurkan. Yaitu sekitar lima ribu rupiah per ekornya, memancing eksplorasi besar-besaran terhadap hewan ini.

Diperlukan kesadaran dan kearifan dari masyarakat setempat, serta regulasi dari pemerintah yang ketat, untuk menjaga agar hewan cantik ini bisa berkembangbiak dengan tenang, sehingga dapat menjadi salah satu obyek wisata bawah air para penggemar fotografi makro bawah air.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,