Lasiognathus dinema, Ikan Pemancing Jenis Baru yang Bercahaya

Anglerfish merupakan jenis ikan laut dengan bentuk aneh dan sulit ditemukan. Diperkirakan, lebih dari 200 jenis ini berada di seluruh laut dunia mulai dari kedalaman 1.640 kaki.

Baru-baru ini, para ilmuwan telah menemukan spesies Anglerfish baru atau ikan pemancing yang bersembunyi di kedalaman laut. Seperti apa bentuknya?

Sebagaimana dilansir dari Sci-news, penghuni bawah laut yang bernama Lasiognathus dinema ini ditemukan di bawah permukaan laut Teluk Meksiko pada kedalaman antara 3.280 kaki hingga 5.000 kaki.

Spesies ini terlihat berbeda dari jenis lainnya karena bentuk ‘pengumpannya’ yang aneh. Biasanya, ikan pemancing memiliki bentuk pengumpan melengkung atau lurus yang menjulang dari bagian atas kepalanya. Umpan bioluminescent yang bercahaya ini digunakan sebagai penarik perhatian ikan-ikan kecil agar mendekat ke ikan pemancing ini.

Sementara, Anglerfish ini justru memiliki tangkai pengumpan yang sama persis dengan alat pancing. Wujudnya, membentuk sudut dengan umpan yang mengait dan bercahaya di ujungnya.

Adalah Dr. Tracey Sutton dari Pusat Oseanografi Nova Southeastern University dan rekannya Dr. Theodore Pietsch dari Universitas Washington, yang mengusulkan nama ilmiah Lasiognathus dinema untuk spesies baru ini.

Hingga kini, para ilmuwan belum begitu yakin apakah penghuni bawah laut ini dapat menggerakkan ‘tongkat’ pengumpan di atas kepalanya itu untuk mendapatkan mangsa. Tetapi, jika memang bisa, para ilmuwan mengatakan bahwa setidaknya ikan ini telah berlatih untuk ‘memancing’ ikan-ikan lainnya.

Sejauh ini juga, para ahli hanya melakukan pengamatan pada Lasiognathus dinema betina dan belum mengetahui bagaimana dinema jantan dapat hidup di laut. Apakah para jantan mengikuti betinanya seperti spesies anglerfish lainnya atau tidak.

Dugaan sementara, jika dinema jantan mengikuti pola yang sama dengan anglerfish lainnya, maka menurut para ahli  Lasiognathus dinema jantan tentu berukuran lebih kecil dari betinanya dan pastinya tidak memiliki pengumpan.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , ,