Satwa Laut Menyeramkan Ini Ternyata Sangat Melindungi Sarangnya

Anda mungkin pernah mendengar istilah rumahku , istanaku ? di mana rumah adalah segalanya, dan harus dijaga dari segala gangguan, baik dari dalam dan luar, serta dirawat sebaik-baiknya. Setidak prinsip seperti itulah yang dilakukan oleh beberapa hewan laut ini.

 

  1. Mantis shrimp

Mantis shrimp, atau bisa juga dinamakan udang cengcorang, adalah sejenis udang yang sangat luarbiasa. Selain terkenal dengan kemampuan matanya yang sangat luarbiasa.

“Mata udang itu jauh mengungguli apa pun yang mampu diciptakan manusia hingga saat ini,” kata Dr. Nicholas Roberts, ahli biologi, dari Bristol, Inggris,

 

Mantis shrimp, atau udang cengcorang yang mempunyai kemampuan penglihatan yang luar biasa. Foto : Wisuda

 

Udang mantis dapat melihat cahaya yang terpolarisasi dan memprosesnya dengan cara yang tidak dapat dilakukan manusia. Gelombang cahaya yang terpolarisasi dapat merambat lurus atau berputar seperti spiral.

Tidak seperti makhluk-makhluk lain, udang mantis ini tidak hanya melihat cahaya yang terpolarisasi dalam bentuk lurus maupun memutar, tetapi juga bisa mengubah cahaya tersebut dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Karena itu, udang ini memiliki penglihatan yang lebih baik. Sehingga dikatakan juga, udang mantis dapat melihat mahluk dari dimensi lain, karena kemampuan melihatnya yang unik.

Pemutar DVD bekerja dengan cara serupa. Guna memproses informasi, pemutar DVD harus mengubah cahaya terpolarisasi yang dibidikkan lurus ke cakram menjadi gerak memutar lalu mengubahnya kembali menjadi bentuk garis lurus.

Namun, mata udang mantis selangkah lebih maju. Pemutar DVD standar hanya mengubah cahaya merah atau di pemutar yang beresolusi lebih tinggi, tetapi mata udang mantis ini dapat mengubah semua warna cahaya yang terlihat.

 

Mantis shrimp, atau udang cengcorang sangat melindungi sarangnya dari satwa laut lain. Foto : Wisuda

 

Ada sekitar 400 jenis mantis yang keberadaannya tersebar di seluruh dunia. Salah satu yang mempunyai warna menarik, dan sering menjadi obyek foto para fotografer underwater, adalah peacock mantis shrimp (Odontodactylus scyllarus ). Warna tubuhnyalah yang membuatnya disamakan dengan burung merak.

Udang mantis juga hewan yang sangat bersifat teritori. Atau sangat posesif terhadap rumahnya. Terlebih, apabila ada udang mantis yang lainnya, yang masuk ke dalam wilayah tempat tinggalnya. Kekuatan cakarnya, yang bisa membuat robekan dalam, jika terkena jari manusia, dan kedahsyatan tinjunya yang kekuatannya setara dengan peluru kaliber 22, akan siap menghajar dan mengusirnya.

Agak sulit untuk menemukan, bagaimana atau di lubang mana si udang mantis tinggal. Yang jelas, rumahnya berupa lubang apa saja, bisa lubang di dalam pasir, karang, batu, pipa, ataupun sampah-sampah lainnya yang ada di dalam lautan.

Bahkan para penyelam seringkali terkena tinju udang-udang mantis mungil, yang tanpa sengaja rumahnya tersentuh oleh para penyelam.

 

Jawfish merupakan jenis ikan yang sangat melindungi sarangnya dari satwa lain. Foto : Wisuda

 

  1. Jaw fish

Ikan ini juga termasuk ikan yang unik. Selain rahangnya yang termasuk besar, dibandingkan dengan ukurannya tubuhnya, sehingga ia dinamakan jaw fish. Ikan ini juga bersifat teritorial.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan si udang mantis, si jawfish tidaklah begitu garang menjaga rumahnya. Jawfish hanya bersifat menyerang terhadap ikan jawfish lainnya, atau hewan laut yang seukuran atau lebih kecil darinya.

 

Ikan jawfish. Foto : Wisuda

 

Walaupun begitu, “kegarangannya” itu patut diperhitungkan oleh hewan-hewan yang seukuran dirinya. Jawfish tidak akan segan-segan menggigit semua hewan yang seukuran atau lebih kecil darinya, yang mencoba mengambil alih lubang atau rumahnya. Dan berbeda pula dengan mantis shrimp, jawfish hanya membuat rumah di lubang pasir saja.

 

Goby dan udang saling bekerjasama melindungi sarang mereka. Foto : Wisuda

 

 

  1. Goby fish

Kebanyakan jenis ikan goby, ditemukan hidup dengan melakukan hubungan saling menguntungkan dengan hewan lainnya, yaitu udang pistol. Udang pistol adalah udang yang penglihatannya kurang baik, sehingga dia mengandalkan ikan goby untuk memberi mereka kode jika ada hewan lainnya atau predator yang mendekati sarang mereka. Sebagai balasannya, udang pistol akan membuat dan memelihara rumah mereka.

Karena bentuknya yang mungil, maka si ikan goby hanya bersifat teritorial terhadap sesama ikan goby, itupun hanya yang seukuran dengannya. Ikan goby, akan menyerang sesama ikan goby yang menoba merebut sarangnya. Senjatanya adalah gigitannya yang cukup menyakitkan bagi sesama goby. Mereka akan saling mengancam, dengan membuka mulutnya dan saling menakuti.

 

Ikan goby yang setia melindungi sarangnya. Foto : Wisuda