Ini 6 Ulat dengan Racun yang Berbahaya, dan Bahkan Mematikan

 

Bagi banyak orang, ulat adalah serangga kecil yang menggemaskan, lucu, makhluk yang mengunyah daun dan kemudian berubah menjadi kupu-kupu yang indah. Sekilas mereka tampak seperti makhluk tak berbahaya. Sebenarnya, beberapa tampak seperti karya seni indah yang ditemukan di alam.

Tapi jangan salah, banyak juga ulat yang berbahaya bagi manusia. Bahkan ada beberapa yang cukup mematikan.Alam kita bahkan dipenuhi dengan ulat yang tampak menakutkan yang bisa menyakiti kita .

Sejumlah ulat telah mengembangkan sistem pertahanan untuk menangkal predator, menggunakan duri beracun di punggung mereka untuk mempertahankan diri, dan menyakiti mereka yang terlalu dekat dengan mereka. Mongabay telah mengumpulkan beberapa ulat yang berbahaya, dan pastikan untuk menjaga jarak Anda jika Anda bertemu dengan mereka.

 

Ulat Sutera Raksasa (Lonomia obliqua), merupakan ulat yang paling mematikan. Foto : animalworld australia

 

  1. Ulat Sutera Raksasa (Lonomia obliqua)

Berasal dari Amerika Selatan, ulat ini adalah bentuk larva ngengat ulat raksasa raksasa, dan dianggap sebagai salah satu ulat paling berbahaya di dunia. Ulat ini dipercaya telah membunuh ratusan orang, dan dapat menyebabkan sejumlah masalah bagi siapa pun yang tidak beruntung bertemu dengan mereka.

Racun ulat ini sangat mematikan, bahkan racun tunggal saja bisa memicu banyak masalah bagi manusia, mulai dari muntah-muntah, sakit perut parah, hingga gagal ginjal total. Jika menyerang dengan penuh, ulat ini bisa menyebabkan kematian, dan kita akan terus mengeluarkan darah karena agen anti-pembekuan dalam racunnya.

Setidaknya ada 500 kematian yang dikonfirmasi sejauh ini. Inilah mengapa ulat ini adalah yang paling banyak dipelajari di dunia, salah satunya karena racunnya yang mengandung agen anti pembekuan darah.

 

Ulat Puss (Megalopyge opercularis). Foto : Valerie G Bugh/Moth Photographers Group

 

  1. Ulat Puss (Megalopyge opercularis)

Seekor ulat bulu dari Amerika Serikat memiliki bentuk yang mirip dengan rambut Donald Trump, yang foto-fotonya begitu viral pasca terpilihnya Donald Trump menjadi presiden AS. Ternyata ulat bulu yang terlihat imut ini sangat beracun, sengatnya bisa menyebabkan sakit kepala, bengkak, mual, kulit melepuh bahkan kesulitan bernapas. Yang lebih membuat orang khawatir adalah, ulat berbulu lebat ini tidak berhabitat di hutan, melainkan di perkotaan. Ulat puss banyak ditemukan di Virginia, Amerika Serikat.

 

Ulat Bag Shelter (Ochrogaster lunifer). Foto : Daves Garden

 

  1. Ulat Bag Shelter (Ochrogaster lunifer)

Ulat ini merupakan salah satu ulat yang tubuhnya ditumbuhi rambut, ia adalah salah satu yang berbahaya dan sebaiknya dijauhi jika bertemu.Ulat bag shelter ini aktif di malam hari, dan sangat menyukai pepohonan beefwood (Grevillea striata), tanaman yang berasal dari daratan Australia Barat. Ulat ini selalu terlihat berjalan beriringan dan berkelompok, sehingga terlihat seperti gumpalan rambut manusia yang menempel di atas pohon.

Ulat ini satu dari sedikit ulat yang bisa menyebabkan kematian.Setelah disengat racun di bulu-bulunya, gejala awalnya adalah sesak napas dan ruam disekujur tubuh.Jika tak segera ditolong, maka akibatnya bisa sangat fatal.

 

Ulat Saddleback (Acharia stimulea). Foto : performance-vision

 

  1. Ulat Saddleback (Acharia stimulea)

Ulat ini tergolong unik dengan motif punggunya yang memang mirip pelana kuda (saddleback). Dibalik kecantikannya, racunnya cukup ganas. Tubuhnya ditumbuhi duri yang tajam dan keras, di situlah saddleback menyimpan racunnya.

Perilaku saddleback ini sangat agresif dan ketika seseorang secara tak sengaja menyentuhnya maka ia akan menyengatkan duri dan menyuntikan racunnya. Sengatannya tersebut akan menyebabkan bengkak-bengkak di bagian tubuh yag disengat, juga mual-mual bahkan menimbulkan bentol-bentol berhari hari. Ulat ini sering terlihat beradadi pohon bunga sepatu (Hibiscus sp.) dan pohon jenis palem.

 

Ulat Hag (Phobetron pithecium). Foto : Daves Garden

 

  1. Ular Hag (Phobetron pithecium)

Ulat ini dijuluki “siput monyet ” karena bentuknya yang memang aneh. Tubuhnya sepenuhnya ditutupi rambut coklat yang pendek, badannya melebar dan sebagian bulu2nya memanjang di kedua sisinya, mirip kaki dan bahkan terlihat seperti bintang laut.

“Rambut” tebalnya memiliki kemampuan untuk menyuntikkan racun mereka ke dalam tubuh kita, dan meski tidak mematikan, sengatan ulat ini konon lebih menyakitkan dibanding sengatan lebah atau tawon.

 

Ulat Permata (Acraga Coa). Foto : melacakalam.wordpress

 

  1. Ulat Permata (Acraga Coa)

Tidak banyak yang diketahui tentang ulat permata ini, namun satu hal yang pasti: ini mungkin adalah ulat yang paling indah. Namun ulat ini bagus untuk dilihat saja, sedangkan tubuhnya yang lengkel ini mengandung racun yang bisa berbahaya. Meski tak semua spesies dari ulat ini mengandung racun, namun ada beberapa laporan bahwa manusia yang menyentuhnya mengalami gatal-gatal yang cukup parah.

(dari berbagai sumber)

 

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,