Mongabay.co.id

Keren!!! Harimau Ini Bersihkan Sampah yang Kotori Kolamnya…

Taman Margasatwa Ragunan, yang terletak di Jl Harsono, Pasar Minggu, Jakarta, salah satu tujuan wisata terutama warga Jakarta dan sekitar. Kalau sudah akhir pekan, tempat ini cukup ramai dipadati pengunjung. Beberapa pekan lalu, saya datang ke sini.

Saya menyusuri beberapa ‘rumah’ satwa, dari primata, gajah, jerapah, sampai babi rusa dan harimau Sumatera. Kala tiba di tempat babi rusa, melihat satwa endemik dan langka dari Sulawesi ini mendekat ke pagar. Pengunjung juga mendekat walau terlihat takut melihat wajah aneh satwa ini. Beberapa dari mereka merasa heran dengan hewan seperti babi tetapi memiliki bentuk wajah yang ‘tak biasa.’

Sang harimau, melihat ke atas seakan bertanya-tanya, siapa gerangan yang telah mebuang sampah ke wilayahnya. Foto: Sapariah Saturi

Sayangnya, dari mereka ada yang teledor dan gampang membuang sampah sembarangan. Ada yang membuang bungkus makanan dari plastik ke dalam kandang. Tak lama,  sang babi rusa medatangi lalu memakan bungkusan plastik itu sampai habis.  Miris!

Setelah itu, saya beranjak ke kandang berikutnya, harimau Sumatera. Tampak  beberapa harimau sedang beristirahat. Ada yang duduk santai sambil menguap. Ada yang bergurau sambil saling gigit. Sebagian, masuk ke parit, dan berenang ke sana kemari.

Satu harimau tampak asik berjalan ulang alik sambil memainkan kepalanya di air. Namun, tak berapa lama, satwa ini melihat ke atas, ke kiri ke kanan. Seolah-olah dia mencari sesuatu setelah melihat ada satu ada botol minuman mineral berenang mengotori kolamnya. Mungkin harimau ini berpikir, dari mana sampah ini muncul.

Sang harimau berusaha mengambil botol ini dengan mulutnya, tetapi beberapa kali terlepas. Coba digigit lagi dan akhirnya berhasil…Foto: Sapariah Saturi

Iapun mendekat ke botol itu dan berupaya mengambil.  Sang harimau tampak kesulitan mengambil botol mengambang dengan mulutnya. Terlihat beberapa kali botol itu terlepas setelah berhasil digigit. Namun, akhirnya ia lega karena ‘sukses’ menggigit botol dan tak lepas. Ia lalu mengibas-ngibas botol itu di air. Botol ditenggelamkan, lalu diangkat lagi. Begitu ia lakukan berkali-kali.

Tak berapa lama, ia naik ke daratan sambil membawa botol minuman bekas yang entah terjatuh atau dibuang oleh pengunjung. “Ah, harimau saja sadar kebersihan. Kalah, manusia, yang datang ke sini, malah tak sadar kebersihan,” kata Yani, salah satu pengunjung.

Secara umum,  taman suaka ini relatif bersih namun masih tampak  sampah berserakan di beberapa titik. Padahal di beberapa sudut tempat itu, pengelola sudah memasang plang-plang mengingatkan tentang larangan membuang sampah sembarangan. Bahkan, peringatan itu disertai denda dan hukuman bagi pelanggar. Tong sampah buat beragam jenis sampahpun disediakan.  Namun, masih  saja pengunjung ada yang seenaknya membuang sampah.

Pengumuman yang dipasang di bagian atas ‘kandang’ harimau Sumatera ini. Namun, ada saja pengunjung yang cuek dan tetap membuang sampah seenaknya. Foto: Sapariah Saturi
Meskipun kawasan ini terbilang bersih, tetapi di beberapa titik masih terlihat sampah berserakan. Foto: Sapariah Saturi
Di banyak sudut Taman Margasatwa Ragunan, tempat sampah ini tersedia. Foto: Sapariah Saturi
Exit mobile version