Benarkah Foto Bumi yang “Dibuai” Awan Ini Diambil dari Hubble?

Beberapa minggu terakhir ini, dunia sosial media, terutama twitter dan facebook dihebohkan oleh foto planet bumi yang seolah diselimuti dan ‘dibuai’ oleh awan tebal, yang konon diambil dari teleskop luar angkasaHubble dari luar angkasa.

Gambar yang spektakuler tersebut menjadi sangat viral di sosial media, meskipun tak banyak info yang menyertai posting foto tersebut, yang hanya diberi informasi “The Earth as seen from Hubble Space Telescope.”

Apakah gambar tersebut benar gambar bumi dari luar angkasa ?

Ternyata bukan.

Gambar tersebut bukan gambar planet bumi, bukan pula diambil oleh teleskop ruang angkasa Hubble. Gambar ini adalah hasil rendering 3D karya Mike Kiev, dan sebenarnya sudah diposting di internet sejak tahun 2013.

Sejauh ini, teleskop ruang angkasa Hubble yang beroperasi sejak 20 Mei 1990  itu telah mengirimkan gambar-gambar planet bumi yang luar biasa, namun gambar di atas bukanlah salah satunya.

Teleskop ruang angkasa Hubble. Sumber : snopes.com
Teleskop ruang angkasa Hubble. Sumber : snopes.com

Perlu juga diketahui bahwa bumi tidak terlihat seperti itu jika difoto dari teleskop Hubble. Gumpalan awan tebal seperti itu hanya bisa ditemukan di bawah ketinggian 6000 meter, tidak menyelimuti bumi di ketinggian tersebut.

Jika bumi terlihat seperti dalam gambar rendering tersebut, maka awan-awan itu takkan pernah kelihatan dari permukaan bumi.

Juga kalau kita amati riak gelombang di “lautan” di gambar tersebut yang cukup terlihat dari angkasa. Gelombang tersebut sangat tidak realistis dan terlalu tinggi untuk menjadi gelombang di lautan bumi. Tingginya bisa mencapai beberapa kilometer. Gelombang setinggi itu memang pernah terjadi di bumi, yakni ketika asteroid raksasa menghantam lepas pantai Yucatan di Meksiko 65 juta tahun lalu yang memusnahkan 75% makhluk bumi.

Selain itu, Hubble mengorbit bumi di ketinggian 570 km, dan dengan ketinggian itu, hubble dapat meng-capture satu petak bumi kira-kira sepanjang 5000 km, kira-kira sepanjang Indonesia dari Sabang-Merauke. Bumi akan terlihat melengkung, namun tidak ‘separah’ di gambar tersebut yang mirip foto fish-eye dengan lensa lebar, sesuatu yang tak dipunyai Hubble.

Hubble secara rutin mengambil gambar bumi. Beberapa dari kameranya menggunakan gambar observasi bumi untuk membuat gambar kalibrasi untuk ‘membetulkan’ gambar-gambar lain, yang disebut planetary white balace.

Hubble mengorbit bumi dengan kecepatan 8 km per detik, dan tak bisa bergerak seiring dengan putaran bumi, sehingga gambar-gambar yang diambil dari Hubble sebelum dikalibrasi, akan terlihat seperti ini:

Rangkaian foto yang diambil oleh teleskop ruang angkasa Hubble. Sumber : slate.com
Rangkaian foto yang diambil oleh teleskop ruang angkasa Hubble. Sumber : slate.com

Dan inilah gambar-gambar bumi yang difoto dari Hubble, sebelum diproses. Menarik bukan?

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,