Mongabay.co.id

Foto: Laba-laba juga Bisa Berkamuflase

Foto laba-laba yang berkamuflase di dahan pohon telah menghebohkan jagad maya beberapa waktu lalu. Terlebih, bagi para arachnophobia alias mereka yang takut akan laba-laba.

Laba-laba yang dijuluki “wrap-around spider” atau laba-laba bungkus bernama latin Dolophones turrigera ini, ditemukan di Rotary Park Rainforest Reserve, Lismore, New South Wales, Australia, sebagaimana dilansir dari Daily Mail.

Secara keseluruhan, wujudnya sebagaimana tipikal spesies Dolophones Australia, yaitu bagian atas abdomennya berbentuk perisai kerucut. Uniknya, ukuran tubuh si betina dewasa mencapai 8 mm, mengalahkan sang jantan yang hanya setengahnya, yaitu 4-5 mm. Sementara, spesies Dolophones yang lain, seperti Dolophones conifera, juga memiliki ukuran yang sama.

Laba-laba bungkus ini memiliki cekungan di bagian bawah tubuhnya yang memungkinkan untuk melengkung. Seolah, membungkus ranting pohon untuk berkamuflase. Malam hari, biasanya mereka membuat jaring yang menghubungkan ranting-ranting pohon secara vertikal.

Laba-laba ini tergolong tidak berbisa sehingga tidak berbahaya bagi manusia. Saat malam, sang laba-laba akan terlihat jelas saat berada di jaring-jaring yang dibuatnya. Namun, saat siang, laba-laba ini menghabiskan waktunya berkamuflase di ranting pohon. Menghindarkan diri dari predatornya seperti burung dan tawon, yang umumnya aktif di siang hari mencari mangsa.

Exit mobile version