,

Inilah Schoolling Fish, Kumpulannya Para Ikan

Apa yang akan ada di benak anda apabila mendengar kata schoolling fish atau ikan bersekolah ? apakah ikan-ikan yang akan disekolahkan atau dilatih sesuatu, atau rombongan ikan yang benar-benar akan bersekolah, seperti yang terjadi pada nemo dan teman-temannya, dalam film anak populer Finding nemo? Kalau itu yang ada di benak anda, maka jawaban anda adalah jauh dari benar.

Dalam istilah biologi, schoolling fish dapat diartikan sebagai setiap kelompok ikan yang tinggal bersama-sama untuk alasan sosial shoaling atau jika kelompok ini berenang ke arah yang sama secara terkoordinasi.

Dalam penggunaan umumnya, istilah ini kadang-kadang digunakan agak longgar, misalnya sekitar seperempat dari spesies ikan bergerombol atau berkomunal sepanjang hidup mereka, atau bisa juga berarti sekitar satu setengah kawanan untuk bagian dari kehidupan mereka.

Perilaku schoolling fish ini mempunyai banyak manfaat, diantaranya termasuk pertahanan terhadap predator (melalui deteksi predator yang lebih baik ), lebih mudah dalam mencari makanan, keberhasilan yang lebih tinggi dalam mencari pasangan, dan peningkatan efisiensi hidrodinamik dari setiap kawanan scholling.

Schoolling fish dilakukan ikan untuk pertahanan terhadap predator dan mencari makanan. Foto : Wisuda
Schoolling fish dilakukan ikan untuk pertahanan terhadap predator dan mencari makanan. Foto : Wisuda

Ikan menggunakan banyak sifat untuk memilih bergerombol. Umumnya mereka lebih memilih bergerombol dengan sesama spesies mereka sendiri, serupa dalam ukuran dan penampilan diri mereka sendiri,  ikan yang sehat, dan berkerabat dekat.

Hal yang aneh dalam perilaku ikan di habitatnya adalah bahwa setiap anggota kawanan yang menonjol dalam penampilan,  maka ia akan dengan mudah menjadi target oleh predator. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa ikan lebih memilih untuk bergerombol dengan individu yang menyerupai diri mereka sendiri.

Sehingga di mata predator, mereka akan terlihat menjadi satu individu yang berukuran besar. Dengan demikian, sang predator akan berpikir dua kali, apabila ingin memangsa ikan yang sedang schoolling ini. Sehingga dapat dikatakan, jika ikan yang berkelompok akan lebih aman dari incaran predator, dibandingkan yang bergerak sendiri-sendiri.

Schoolling fish dilakukan ikan dengan jenis, ukuran dan penampilan yang sama. Foto : Wisuda
Schoolling fish dilakukan ikan dengan jenis, ukuran dan penampilan yang sama. Foto : Wisuda

Pengumpulan ikan adalah istilah umum untuk setiap jenis ikan yang telah berkumpul di beberapa wilayah. kumpulan ikan ini dapat terstruktur atau pun tidak terstruktur. Kumpulan yang tidak terstruktur mungkin adalah sekelompok spesies campuran yang  ukurannya  telah dikumpulkan secara acak ke dekat beberapa sumber daya lokal, seperti ketersediaan makanan atau bersarang.

Sedangkan kawanan yang terstruktur adalah kumpulan ikan yang men-sinkronisasi cara berenang mereka, sehingga mereka semua bergerak pada kecepatan yang sama dan arah yang sama,seperti nak-anak yang berangkat ke sekolah. Oleh sebab itu kumpulan ikan seperti itu dapat dikatakan bersekolah.

Ikan “bersekolah” biasanya berasal dari spesies yang sama dan usia atau ukuran yang sama . Sekolah ikan ini akan bergerak dengan anggota individu tepatnya spasi dari satu sama lain. mereka melakukan manuver yang rumit, seolah-olah sekolah atau kelompok memiliki satu pikiran  sendiri.

Indahnya schoolling fish. Kelompok ikan ini berenang ke arah yang sama secara terkoordinasi. Foto : Wisuda
Indahnya schoolling fish. Kelompok ikan ini berenang ke arah yang sama secara terkoordinasi. Foto : Wisuda
Artikel yang diterbitkan oleh
, ,