,

Inilah Cicak Spesies Baru dari Pegunungan Mekongga

Cicak ini merupakan spesies baru dari Pegunungan Mekongga, Sulawesi Tenggara. Seperti apakah wujudnya?

Setelah lima spesies baru marga Cicak Jari Lengkung (Cyrtodactylus) dipublikasikan tahun 2015 lalu, kini di pertengahan semester pertama 2016 telah dipublikasikan kembali spesies berjuluk Cyrtodactylus hitchi. Cicak Jari Lengkung Hitch yang telah dikoleksi tahun 2010 dari pegunungan Mekongga Sulawesi Tenggara ini, merupakan hasil penelitian bersama antara LIPI dan UC Davis dalam paying proyek Indonesian Cooperative Biodiversity Group (ICBG).

Secara resmi, spesies baru ini dipublikasi pada  jurnal internasional Zootaxa Edisi 5 Mei 2016, Nomor 4109 Volume 1, Halaman 58-72, atas nama Awal Riyanto (LIPI), Hellen Kurniati (LIPI), dan Andrew Angilis (University of California, Davis).

Cicak Jari Lengkung Hitch berukuran kecil dengan panjang moncong hingga kloaka mencapai 79 mm. Warna dasar punggungnya coklat dan mempunyai pola seperti batik berlukiskan anyaman “><” kuning.

Perbandingan dorsal (atas) dan ventral. Sumber: Zootaxa
Perbandingan dorsal (atas) dan ventral (bawah). Sumber: Zootaxa
Perbandingan sisik cicak jenis baru dengan jenis lain yang ada di Sulawesi. Sumber: Zootaxa
Perbandingan sisik cicak jenis baru dengan jenis lain yang ada di Sulawesi. Sumber: Zootaxa
Perbandingan prekloakal dan femoral. Sumber: Zootaxa
Perbandingan prekloakal dan femoral. Sumber: Zootaxa

Ciri morfologi yang membedakan spesies dalam Bahasa Inggris yang disebut Hitch’s Bent-toed Gecko ini dengan lainnya adalah tidak adanya lekuk prekloakal. Jenis ini juga tidak mempunyai sisik besar prekloakal dan femoral, tidak ada lubang prekloakal dan femoral, transisi perubahan ukuran sisisk ventral depan dan belakang paha lembut, namun mempunyai sisik besar tengah sisi ventral ekor yang tersusun satu seri.

Sekilas, spesies ini mirip Cyrtodactylus batik yang telah dipublikasikan 2011 lalu. Namun, hingga saat ini belum bisa dispekulasikan bagaimana hubungan kekerabatan kedua jenis tersebut juga dengan spesies lainnya. Diperlukan kajian molekular untuk memecahkan pertanyaan tersebut.

Perbandingan sisik di paha cicak jenis baru dengan jenis lainnya di Sulawesi. Sumber: Zootaxa
Perbandingan sisik di paha cicak jenis baru dengan jenis lainnya di Sulawesi. Sumber: Zootaxa

Hellen Kurniati menuturkan, spesimen cicak tersebut dia koleksi beserta teknisinya Wahyu Trilaksono di pegunungan Menkongga, pada ketinggian 900 hingga 1.2000 m dpl. Habitat Cyrtodactylus hitchi berupa hutan sekunder dengan beragam mikro habitat seperti vegetasi di sepanjang sungai kecil, sungai, dan rubuhan pohon.

Selama penelitian, spesies baru tersebut tidak dijumpai di atas ketinggian 1.200 m maupun di bawah 900 m dpl. Tampaknya, cicak ini berbagi relung dengan spesies Cyrtodactylus jellesmae yang dijumpai pada ketinggian di bawah 500 m dpl.

Habitat Cicak Jari Lengkung Hitch. Foto: Hellen Kurniati
Habitat Cicak Jari Lengkung Hitch. Foto: Hellen Kurniati

Penamaan spesies ini merupakan ungkapan terima kasih yang diberikan kepada D. Alan Thomas Hitch (UC Davis) yang telah memimpin ekspedisi Pegunungan Mekongga. Dengan dipublikasikannya Cyrtodactylus hitchi, jumlah spesies Cicak Jari Lengkung yang sudah terdata di Sulawesi menjadi enam jenis. Anggota Cicak Jari Lengkung Sulawesi lainnya adalah Cyrtodactylus jellesmae, C. batik, C. spinosus, C. fumosus, dan C. wallacei.

Distribution pattern of known Sulawesian Cyrtodactylus based on type localities with restricted range. Red circle = C. hitchi sp. nov., Green circle = C.batik, Purple circle = C. spinosus, Blue circle = C. wallacei, and Yellow circle = C. fumosus. Distribution of the widespread C. jellesmae complex is not shown.
Persebaran Cyrtodactylus di Sulawesi. Merah
= C. hitchi sp. nov., Hijau = C.batik, Ungu= C. spinosus, Biru= C. wallacei, dan Kuning = C.
fumosus. Persebaran C. jellesmae tidak ditunjukkan. Sumber: Zootaxa

Unduh file Cyrtodactylus hitchi di sini

*Awal Riyanto. Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Pusat Penelitian Biologi, Museum Zoologicum Bogoriense, Cibinong. E-mail: [email protected]

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,