Lion Fish, Si Cantik yang Berbisa dan Lezat

 

Dangerously beautiful, mungkin memang paling cocok disematkan sebagai julukan bagi ikan cantik yang satu ini, lion fish. Ikan singa atau lion fish ini tampilannya memang sangat memukau. Bagaimana tidak, duri sirip yang mengembang ketika merasa terancam atau berburu, membuatnya kecantikannya semakin menonjol. Sehingga tak heran, bagi orang awam, timbul keinginan untuk memegangnya.

Tetapi seperti julukannya tadi, walaupun terlihat sangat cantik, jangan sekali-sekali mencoba menyentuh atau bahkan memegang ikan ini, bisa fatal akibatnya. Di setiap duri sirip si ikan singa mengandung racun yang cukup berbahaya. Apabila manusia yang tersengat, bisa menyebabkan demam dan luka yang cukup fatal.

Racun di duri lion fish ini murni bersifat defensif, artinya dia tidak dengan sengaja menusukkan racunnya ke tubuh mangsa atau mahluk lainnya. Racunnya hanya dipakai untuk bertahan atau dalam keadaan memaksa.

Pterois adalah genus ikan laut berbisa, yang umumnya dikenal sebagai lionfish, atau ikan singa. Ikan ini memang ikan asli Indo-Pasifik. Ikan yang juga punya nama zebrafish, firefish, turkeyfish atau butterfly-cod. Ikan ini mempunyai ukuran yang berkisar antara 5 sampai 45 cm.

Mereka terkenal dengan keindahan hiasan mereka, duri berbisa, dan tentakel yang unik. bahkan Juvenile lionfish memiliki tentakel unik yang terletak di atas soket mata, yang bervariasi dalam fenotipe antar spesies. Evolusi tentakel ini, juga digunakan untuk menarik mangsanya.

 

Ikan lion fish dengan tampilan sirip yang memukau. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Spesies pterois ini dapat hidup dari lima sampai 15 tahun. Penelitian juga menunjukkan bahwa ia berperan dalam selektif dalam hal sexual, serta memiliki perilaku pencarian pasangan hingga mating yang rumit. Betina mengeluarkan dua kelompok telur yang dipenuhi lendir, yang bisa mengandung sebanyak 15.000 telur. Banyak studi yang mempelajari tentang kebiasaan reproduksinya.

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan pembedahan lebih dari 1.400 ekor lionfish dari perairan Bahama ke perairan Carolina Utara, ikan singa atau lionfish memangsa ikan kecil, invertebrata, dan moluska dalam jumlah yang cukup besar, Jumlah mangsa pada perut lionfish selama satu hari, menunjukkan pakan lionfish paling aktif mulai jam 7.00-11.00, dan mengurangi makan sepanjang siang hari.

Lion fish adalah pemburu yang terampil. Dia menggunakan otot kandung kemih berenang bilateral khusus, untuk memberikan kontrol lokasi yang bagus di kolom air, yang memungkinkan ikan mengubah pusat gravitasinya untuk menyerang mangsa dengan lebih baik. Ikan singa kemudian membuka sirip dada dengan lebar dan menelan mangsanya dalam satu gerakan. Mereka akan menyemburkan air saat mendekati mangsanya, dan ini biasanya akan membuat mangsa bingung.

Selain membuat bingung, pancaran air ini juga mengubah orientasi mangsa sehingga ikan yang lebih kecil menghadap ke lionfish. Hal ini menghasilkan tingkat yang lebih tinggi terhadap efisiensi predator karena tangkapan kepala pertama lebih mudah dilakukan pada lionfish.  Secara umum pula, ketika ikan yang lebih kecil lepas dari kemungkinan bahaya, maka mereka harus melakukannya dengan melawan arus.

Selain bersifat kanibal terhadap ikan singa yang lebih kecil, lionfish dewasa hanya memiliki sedikit predator alami yang diketahui, kemungkinan berasal dari keefektifan duri berbisa mereka.

 

Dua ikan lion fish dari perairan Indonesia. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Moray belut, ikan cakalang bluespotted, dan ikan kerapu besar, seperti kerapu macan dan kelompok kerapu Nassau, diketahui berperan sebagai predator lionfish. Namun, tetap tidak diketahui bagaimana predator ini memangsa lionfish. Hiu juga diyakini mampu mengincar lionfish tanpa efek buruk dari duri mereka. Pejabat taman di Roatan Marine Park di Honduras telah berusaha untuk melatih ikan hiu untuk memberi makan ikan lionfish pada tahun 2011 dalam upaya untuk mengendalikan populasi invasif di Karibia. Predator larva dan lionfish remaja tetap tidak diketahui, namun mungkin terbukti menjadi faktor pembatas utama populasi lionfish di daerah asalnya.

Parasit lionfish jarang diamati dan dianggap jarang terjadi. Mereka termasuk isopoda dan lintah.

Dua dari dua belas spesies Pterois, lionfish merah (P. volitans) dan common lionfish (P. mile), diketahui telah menempatkan diri mereka sebagai spesies invasif yang signifikan di Pantai Timur Amerika Serikat dan Karibia. Sekitar 93% populasi invasif di Atlantik Barat adalah P. volitans. Mereka digambarkan sebagai “salah satu spesies invasif paling agresif di planet ini”.

Walaupun jenis P. volitans dan P. miles berasal dari daerah subtropis dan tropis dari selatan Jepang dan Korea selatan ke pantai timur Australia, Indonesia, Mikronesia, Polinesia Prancis, dan Samudera Pasifik Selatan, tetapi lionfish dewasa sekarang ditemukan di sepanjang Pantai Timur Amerika Serikat dari Cape Hatteras, North Carolina, ke Florida, dan lepas Bermuda, Bahama, dan di seluruh Karibia, termasuk Turks dan Caicos, Haiti, Kuba, Republik Dominika, Cayman Kepulauan, Aruba, Curacao, Trinidad dan Tobago, Bonaire, Puerto Riko, St Croix, Belize, Honduras, dan Meksiko. Kepadatannya terus meningkat di daerah yang diinvasi, sehingga mengakibatkan ledakan populasi hingga 700% di beberapa daerah antara tahun 2004 dan 2008.

Spesies pterois, dikenal karena melahap banyak ikan-ikan karang kecil lainnya. Mereka memakan apapun juga, sementara mereka berkembangbiak juga sangat pesat dan dalam jumlah yang banyak.

 

Anakan ikan lion fish. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

Invasi lionfish dianggap sebagai salah satu ancaman baru yang paling serius terhadap ekosistem terumbu karang Karibia dan Florida. Untuk membantu mengatasi masalah yang meluas, pada tahun 2015, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) bermitra dengan Gulf and Caribbean Fisheries Institute untuk membuat portal lionfish untuk memberikan informasi akurat secara ilmiah mengenai invasi dan dampaknya.

Invasi mereka di perairan pantai Amerika Serikat dapat menyebabkan masalah serius di masa depan. Salah satu dampak ekologi yang mungkin terjadi, yang disebabkan oleh Pterois dapat berdampak pada jumlah populasi mangsa dengan secara langsung mempengaruhi hubungan rantai makanan. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada karang dan dapat secara negatif mempengaruhi kaskade trofik Atlantik.

Lionfish yang hijrah ke daerah terumbu karang yang mempunyai populasi ikan karang yang banyak, menunjukkan kecenderungan yang sangat agresif, dan memaksa spesies asli untuk pindah ke perairan yang lain. Lionfish bisa mengurangi keanekaragaman terumbu karang Atlantik hingga 80%.

Dan salah satu pencegahan peledakan populasi yang dikampanyekan adalah dengan menjadikan si lion fish sebagai makanan. Walaupun duri-durinya beracun, bila diolah dengan benar, ikan berbisa alami ini aman dikonsumsi. Ada beberapa kekhawatiran tentang risiko keracunan makanan ciguatera (CFP) dari konsumsi lionfish, dan FDA memasukkan lionfish ke dalam daftar spesies yang berisiko CFP saat lionfish dipanen di beberapa daerah yang dinyatakan positif untuk ciguatera.

Namun, belum ada kasus CFP yang diverifikasi dari konsumsi lionfish, dan penelitian yang dipublikasikan telah menemukan bahwa toksin dalam racun lionfish dapat menyebabkan kesalahan positif pada tes kehadiran ciguatera.

 

Seorang nelayan tradisional sedang menangkap ikan lion fish di perairan Desa Les, Buleleng, Bali. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

The Reef Environmental Education Foundation memberikan saran kepada koki restoran tentang bagaimana mereka bisa memasukkan ikan ke dalam menu mereka. NOAA menyebut lionfish sebagai “ikan beraroma lezat dan lezat” yang serupa teksturnya dengan kerapu. Resep untuk lionfish meliputi penggorengan dalam, ceviche, dendeng, memanggang, dan sashimi.

Beautiful, dangerous and delicious, mungkin itu ungkapan yang paling tepat untuk si singa lautan ini.

 

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,