Mongabay.co.id

Foto Berbagai Spesies Penghuni Dasar Laut Antartika

Sejumlah gambar berikut adalah foto pertama yang dirilis, penampakan makhluk di laut Antartika, wilayah yang belum pernah dijelajah sebelumnya. Berbagai gambar ini sedikit banyak memberikan pandangan kita akan kehidupan menakjubkan di salah satu tempat paling terpencil dan alami di planet ini.

Spesies-spesies langka tersebut ditemukan Dr. Susanne Lockhart, ahli biologi Antartika yang mengunjungi dasar laut tersebut menggunakan kapal selam, bulan lalu.   Riset ini bagian dari ekspedisi ilmiah yang dilakukan Greenpeace, sebagaimana dikutip dari The Guardian.

 

Pemandangan bawah laut Antartika. Foto: Greenpeace via The Guardian

 

Makhluk-makhluk tersebut  dibawa   ke laboratorium untuk diteliti guna diketahui rahasia kehidupan dunia bawah laut. Diharapkan, beberapa sampel yang dikumpulkan bisa menjadi spesies baru. Lockhart mengatakan, temuan tersebut sangat penting bagi masa depan Samudra Selatan (Southern Ocean).

“Dengan mengidentifikasi ekosistem laut yang rentan dan mendaftarkan lokasi tersebut dalam CCAMLR (badan yang dibentuk untuk mengelola kehidupan laut Antartika), mereka kemudian dapat digabungkan dalam model matematis untuk menghasilkan Kawasan Konservasi Laut wilayah ini,” tuturnya.

 

Makhluk ini ditemukan dikedalaman 420 meter. Foto: Christian Åslund/Greenpeace via The Guardian

 

Dia menambahkan, tidak hanya penting bagi kita untuk belajar dan memahami komunitas invertebrata yang tinggal di dasar laut sekitar Antartika, tapi juga penemuan ini dapat digunakan langsung melindungi ekosistem keseluruhan.

“Menjaga populasi krill tetap stabil sama pentingnya bagi invertebrata laut Antartika sebagaimana menjaga penguin, anjing laut dan burung laut di sana,” terang Lockhart.

 

Spesies yang penampakannya seperti cacing ini ditemukan dikedalaman 560 meter. Foto: Christian Åslund/Greenpeace via The Guardian

 

Dia mengatakan, telah menemukan keragaman kehidupan binatang yang luar biasa di dasar lautan Antartika. Kisaran warna dan keragaman spesies pada beberapa kelompok penting seperti karang lunak dan gorgonian dan tunicates kolonial sungguh spektakuler.

Bryozoans dan hydroids juga menghiasi dasar laut, membuatnya terlihat seperti taman yang menakjubkan. Bintang-bintang berbulu dan kerabat mereka menghiasi bunga karang berbentuk vas besar. Ikan es serta gurita bisa ditemukan bersembunyi jika kita melihat teliti. Bahkan kolam air pun penuh dengan keragaman kehidupan yang mengejutkan.”

 

Makhluk seperti bintang laut ini ditemukan dikedalaman 300 meter. Foto: Christian Åslund/Greenpeace via The Guardian

 

Lockhart menjelaskan, temuan tersebut telah membuatnya lebih bersemangat sejak 25 tahun menjadi ahli biologi Antartika. “Sekarang saya bisa melihat langsung apa yang telah saya pelajari selama bertahun,” katanya.

 

Penelitian terhadap makhluk bawah laut dilakukan untuk mengetahui bagaimana kehidupan di sana berlangsung. Foto: Christian Åslund/Greenpeace via The Guardian

 

Will McCallum dari   Greenpeace mengatakan, survei menunjukkan dasar laut Antartika penuh dengan keragaman kehidupan dan warna menakjubkan. Mulai dari laba-laba laut kecil, bintang berbulu, cacing, krill, karang langka dan bunga karang.

 

Sampel spesimen ini ditemukan di laut Antartika. Foto: Christian Åslund/Greenpeace via The Guardian

 

“Kami hanya tahu sedikit tentang ekosistem berharga ini dan kami berharap pekerjaan kami dengan spesialis dasar laut Antartika, menyelam untuk mengumpulkan rekaman dan spesimen penting, dapat memberikan bukti kebutuhan perlindungan kuat bagi sebagian besar wilayah Antartika. Termasuk, Antartika Ocean Sanctuary seluas  1,8 m sq km,” tandasnya.

 

 

Exit mobile version