Mongabay.co.id

Menyedihkan, Lumba-Lumba Mati Teriris-iris di Karangasem Bali

Dua ekor mamalia yaitu lumba-lumba dan paus dilaporkan warga terdampar di pesisir Bali pada lokasi berbeda. Keduanya dalam kondisi mati dan membusuk.

Lumba-lumba ditemukan pada Minggu (18/03/2018) sore di pantai Pasir Putih, Kabupaten Karangasem dan paus dilaporkan oleh warganet pada Senin (19/03/2018) pagi di Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

Sabtu kemarin adalah peringatan hari Nyepi dan keesokan harinya disebut Ngembak Geni yang kebetulan juga bertepatan dengan Banyu Pinaruh di mana warga berduyun ke pantai untuk mandi, bersembahyang, dan rekreasi. Pada saat itulah Made Wisnu dan keluarganya ke pantai Pasir Putih yang terkenal di Bugbug, Karangasem ini. Adik-adiknya bersiap nyebur ke laut namun mendadak berteriak memanggilnya.

baca : Lumba-lumba Fraser Ditemukan Mati Menggembung di Pantai Sanur

 

Seekor lumba-lumba terpotong sirip dan habis sebagian dagingnya terdampar di pantai Pasir Putih Desa Bugbug, Karangasem, Bali pada Minggu (18/3/2018). Foto: Made Wisnu/Mongabay Indonesia

 

Terlihat seekor lumba-lumba di pasir dengan kondisi membusuk teriris dagingnya, dengan sirip atas dan samping yang sudah hilang. Usus dan sisa daging tubuhnya terlihat sisa setengah dan masih ada sisa darah. Mulai mengeluarkan bau. “Saya angkat ke pinggir pantai karena sudah membusuk agar tak tercemar lautnya,” urai Wisnu yang dihubungi Mongabay Indonesia.

Warga dan wisatawan sekitar berdatangan mengerumuni. Dalam video yang juga diunggah Wisnu dan dibagi sejumlah akun-akun informasi di media sosial ini terdengar warga yang menyebut lumba-lumba nakal karena mengambil jaring nelayan.

Wisnu menyebut seorang pedagang yang paling dekat dengan lokasi temuan lumba-lumba kemudian mengubur di kebun dekat pantai. Karena sudah menyebarkan bau busuk.

baca : Lagi, Lumba-lumba Terjerat Jaring di Lombok dan Mati Terdampar di Kupang

 

Video seekor lumba-lumba terpotong sirip dan habis sebagian dagingnya terdampar di pantai Pasir Putih Desa Bugbug, Karangasem, Bali pada Minggu (18/3/2018).  Sumber : Made Wisnu via fb infokarangaasem_id/Mongabay Indonesia

 

Paus membusuk

Sementara pada Senin (19/3) warganet juga melaporkan seekor paus membusuk di pantai Kubutambahan, Buleleng sekitar 100 km dari Kota Denpasar ke pesisir Bali Utara. Akun bernama Desi Kirei salah satu akun yang mengaku melihat dan mengunggah fotonya ke Facebook.

Pihak terkait seperti Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Penyuluh Perikanan KKP, dosen Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Polair, TNI-AL, Camat, Perbekel, dan lainnya berkoordinasi untuk penanganannya. Muji Wasis Indriawan, staf program perencanaan BPSPL Denpasar yang bertugas di lapangan menyebut paus ditarik ke tengah laut untuk dihanyutkan kembali karena sudah membusuk. “Saat ini kondisinya terapung hanyut sekitar satu kilometer dari pantai, namun kemungkinan arus bisa mengarahkan kembali ke pantai,” urainya pada Senin sore (19/3/2018).

baca : Paus Sperma Dihalau ke Laut Setelah Ditunggangi Banyak Orang

 

Seorang warganet memotret dan mengunggah foto paus terdampar dan membusuk di Kubutambahan, Buleleng, Bali pada Senin (19/3/2018) pagi. Foto: akun FB Desi Kirei/Mongabay Indonesia

 

Sedang didiskusikan pilihan lain seperti menenggelamkan dengan pemberat atau lainnya melihat situasi di lapangan karena ukuran paus sangat besar. Ia mengaku tak bisa mengidentifikasi karena membusuk karena itu pihak Undiksha mengambil sampel untuk uji DNA dan mengetahui jenisnya.

Ia menyebut warga sekitar sudah mencium aroma membusuk pada Minggu malam tapi saat itu masih belum terdampar. Lokasi sekitar adalah kawasan kampung nelayan.

Dari data BPSPL, pernah dilaporkan lumba-lumba mati terdampar di Desa Bugbug, Karangasem pada 22 Oktober 2016. Jenisnya tak teridentifikasi karena sudah tak ditemukan.

Terkait dengan rute migrasi, perairan Bali salah satu habitat yang penting buat mamalia laut (paus, lumba-lumba, dan dugong). Indikasinya hampir setiap tahun selalu ada yang dilaporkan terdampar di Bali.

baca : Asyik Mengikuti Makanan, Paus Ini masuk Ke Teluk Malala Tolitoli. Bagaimana Akhirnya?

 

Warga dan para pihak terkait mencoba menarik paus yang mati dari pantai di Kubutambahan, Buleleng, Bali pada Senin (19/3/2018) Foto: BPSPL Denpasar/Mongabay Indonesia

 

Dalam laman whalestrandingindonesia.com ada sejumlah panduan bagi warga apa yang harus dilakukan saat menemukan mamalia terdampar baik hidup atau mati. Ada juga formulir yang bisa diisi dengan rangkuman foto, lokasi, jenis, kondisi saat ditemukan, dan lainnya.

Misalnya jika menemukan terdampar hidup, warga atau tim evakuasi diminta tidak menyentuh mata, sirip, dan lubang nafas. Tidak menuangkan air ke lubang nafas, memastikan basah dengan menggali pasir sekitarnya dan diisi air, jika sulit menutup sebagian badan dengan handuk basah, dan mengurangi terpaan matahari langsung.

Lalu menghindari kerumunan orang terlalu dekat agar hewan tidak stres kemudian membopong dalam tandu ke perairan bebas agar bisa kembali berenang.

Sementara untuk penghancuran bangkai disebutkan bisa dengan sejumlah cara dan resikonya. Misal dibakar tapi rangkanya rusak. Mengubur di titik atas pasang surut laut dan beberapa bulan kemudian rangkanya bisa dimanfaatkan. Atau ditenggelamkan dengan metode khusus agar rangka bisa ditemukan.

Website ini juga mendokumentasikan kejadian-kejadian terdampar yang melibatkan paus, lumba-lumba dan duyung di Indonesia.

baca : Hiu Paus Terjebak di Laguna Pulau Sombori Morowali, Bagaimana Akhirnya?

 

Bangkai Paus Sperma yang terdampar mati ini akhirnya ditenggelamkan di perairan Barru, Sulsel. Selain oleh BPSPL Makassar, penanganan paus ini melibatkan banyak pihak, seperti, Polsek, Kepala Desa setempat, DKP Kabupaten Barru, dan BKIPM Wilayah Kerja Parepare. Foto: BPSPL Makassar/Mongabay Indonesia

 

Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2012 juga menerbitkan Pedoman Penanganan Mamalia Laut.

Penyebab terdamparnya mamalia laut belum diketahui secara pasti, beberapa di antaranya penggunaan sonar bawah laut dan polusi suara (seismik) yang mengganggu sistem navigasi, perburuan mangsa sampai ke perairan yang dangkal, karena terluka atau sakit.

Kejadian pendamparan mamalia laut di perairan Indonesia cukup sering terjadi, dalam modul ini disebutkan luasnya perairan Indonesia dan minimnya pengetahuan masyarakat dan pemerintah daerah tentang mekanisme penanganan mamalia terdampar menyebabkan lambannya kegiatan penanganannya dan bahkan tidak jarang berakhir dengan kematian.

Pedoman ini menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam upaya penyelamatan mamalia laut yang terindikasi terdampar dan maupun yang sudah terdampar sehingga dapat digiring kembali ke perairan dalam kondisi hidup, termasuk langkah-langkah penanganan dalam kondisi mati.

Sejumlah langkah awal yang disarankan adalah lakukan pengamatan dengan menggunakan binokuler untuk mengamati pola pergerakan, tanda-tanda mamalia laut, dan bila memungkinkan lakukan identifikasi awal. Kemudian dokumentasikan dengan menggunakan kamera digital atau video kamera. Berikutnya lakukan pencatatan awal (spesies, panjang, jumlah, lokasi). Kemudian gunakan media sosial (misal: Facebook, Twitter, Blog) untuk menyampaikan informasi pertama kepada para penolong pertama dan update informasi serta kontak instansi terkait.

 

Exit mobile version