Mongabay.co.id

Inilah 10 Kaki Satwa yang Berbentuk Aneh

Mungkin luput dari perhatian banyak dari kita, bahwa kaki satwa mempunyai bentuk-bentuk yang saling berbeda, dan mempunyai fitur yang menakjubkan. Bentuk-bentuk kaki tersebut merupakan sebuah adaptasi khusus yang dimiliki satwa bersangkutan untuk bertahan hidup di alamnya. Beberapa hewan mempunyai bentuk dan fungsi kaki yang benar-benar mengejutkan. Ini adalah beberapa contohnya.

 

1. Kaki Tokek ‘pelawan’ gravitasi

Tokek dapat menaiki dinding dan bahkan menggantung terbalik, bukan karena jari-jari kaki mereka lengket, tetapi karena mereka ditutupi dengan ratusan rambut kecil, yang dikenal sebagai setae, yang bercabang menjadi filamen yang lebih kecil. Elektron pada rambut-rambut sangat kecil ini dengan molekul pada permukaan lain melalui tarikan elektromagnetik, memungkinkan tokek untuk menempelkan dan mengangkat kaki mereka cukup cepat untuk meluncur ke permukaan vertikal dan melintasi langit-langit rumah kita.

 

Kaki tokek. Foto : wikimedia commons

 

2. Kaki Alpaka, sang pemanjat gunung

Jari-jari kaki Alpaka yang kokoh dan kaki berbulu  membantu mereka menjelajahi  pegunungan Andes, sebuah dataran tinggi yang dingin di Amerika Selatan.  Jari kakinya memiliki bantalan lembut berujung kuku yang kuat; kuku Alpaca pun terus bertumbuh, dan secara alami terkikis pelan seiring seringnya satwa ini  berjalan di atas tanah berbatu.

 

Kaki Alpaca. Foto : Jennifer Zoon/smithsonian national zoo/livescience

 

3. Kaki jelita sang badak

Meskipun memiliki ukuran dan berat badan yang ‘menggetarkan’, badak memiliki kaki yang sangat cantik. Mamalia raksasa ini dapat mencapai panjang hingga 4,6 meter dan beratnya  2,4 ton, tetapi kepala besar dan tubuh besar mereka didukung oleh kaki dan kaki yang terlihat yang seolah tak sebanding. Ujung kakinya terlihat melingkar dan meruncing,  dan memiliki tiga jari kaki, dan ketika mereka berjalan, mereka memberi lebih banyak tekanan pada punggung mereka

 

Badak sumatera yang berpacu dengan kepunahan. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

4. Kaki Nyamuk yang Bersisik

Sebuah foto yang beredar di Reddit pada bulan November 2017 membuat orang terkaget-kaget. Gambar misterius itu adalah kaki nyamuk yang diperbesar 800 kali. Detail luar biasa seperti pulvillus – bantalan perekat berujung rambut – sisik dan cakarnya berhasil difoto secara baik oleh fotografer Steve Gschmeissner menggunakan mikroskop elektron, dan membuatnya mendapatkan penghargaan pada  pada kontes Fotografi Internasional 2016 for Photography Society for Science.

 

Kaki nyamuk. Foto : Steve Gschmeissner/RPS/livescience

 

5. Kaki Platypus yang Beracun

Apa yang tidak aneh tentang platypus? Mamalia berparuh bebek ini memang terlihat aneh. Kaki mereka pun tak kalah aneh.  Selain berselaput, platypus jantan pada taji kakinya yang runcing penuh dengan racun. Para ahli meyakini bahwa racun ini digunakan saat berkelahi dengan pejantan lain saat musim kawin.

 

Platipus (Ornithorhynchus anatinus). Foto : Laura Romin dan Larry Dalton

 

6. Burung Unta berjari dua

Mungkin karena kaki burung unta begitu besar dan kuat, banyak yang membandingkan mereka dengan dengan kaki dinosaurus pemakan daging yang telah punah yang hidup jutaan tahun lalu. Burung unta adalah satu-satunya burung yang memiliki dua jari kaki (semua burung lain memiliki tiga atau empat jari kaki). Satu kaki jauh lebih besar daripada yang lain, ujungnya adalah cakar yang dapat mengukur hingga  10 cm  panjangnya. Kaki kuatnya  dapat memberikan tendangan yang mematikan, dan mereka telah diamati berjalan pada kecepatan lebih dari  60 km/jam  selama lebih dari 30 menit, menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2011 di Journal Biologi Eksperimental.

 

Kaki burung unta. Foto : pxhere

 

7. Kaki Elang sang penjelajah langit

Dengan  bulunya yang gelap membingkai wajahnya yang abu-abu pucat dan tatapan mata tajam keemasan, burung harpa (Harpia harpyja) adalah burung yang menakjubkan, dan mereka adalah burung pemangsa terberat dan paling kuat, menurut Kebun Binatang San Diego. Reputasi perburuannya salah satunya karena cakar melengkung besar mereka, yang dapat mencapai panjang  hingga  13 cm,  lebih panjang daripada cakar beruang grizzly. Kaki mereka yang kuat dapat menghasilkan ratusan pon kekuatan untuk menghancurkan dan membunuh mangsa mereka, yang termasuk monyet dan sloth seberat 7 kg lebih.

 

Kaki elang. Foto : pixabay

 

8. Armadillo dan kaki bercakar

Armadillo raksasa (Priodontes maximus), yang terbesar dari semua armadillo, seolah tank lapis baja berjalan, dengan lempeng tulang yang keras dari kulit keras yang menutupi tubuhnya, dan 80 – 100 gigi di mulutnya – lebih banyak dari mamalia lainnya. Kaki depannya punya tiga cakar, cakar tengahnya berbentuk sabit dan ukurannya jauh lebih besar daripada dua lainnya, berukuran sekitar 8 20 cm  panjangnya. Armadillo menggunakan cakar besar ini untuk menggali gundukan sarang rayap dan untuk menggali liang tempat bersembunyi dan beristirahat.

 

Kaki Armadillo. Foto : Kevin Schafer/minden pictures newsroom/livescience

 

9. Siput ‘heavy metal’

Banyak jenis moluska yang menumbuhkan  cangkang yang keras untuk melindungi tubuh lunak dan licin mereka. Tapi yang paling ‘metal’ dari mereka semua adalah siput  kaki bersisk, yang tinggal di dekat lubang hidrotermal di Samudera Hindia dan menggunakan bakteri khusus untuk menumbuhkan cangkang dan sisik kaki dari besi sulfida. Lempeng di kaki siput, yang menyerupai baju besi, dapat menjauhkan para predatornya

 

Kaki siput. Foto : Chong Chen, et al/CC 4.0 livescience

 

10. Kadal Bipedal

Kadal berkerah dari Amerika Utara ini memiliki kaki belakang yang berotot dan kuat, dengan kaki yang tampak aneh yang memiliki jari-jari   dengan panjang yang berbeda dan bercabang dengan arah yang berbeda. Mereka berjalan secara bipedal dan dengan ke kaki belakang mereka yang besar dan kuat, mampu melesat dengan langkah yang lebih panjang 3x dari tubuh mereka.  Kadal berkerah ini adalah pelari cepat, yang mampu berakselerasi hingga  26 km/jam, kira-kira secepat manusia berlari

 

Kadal bipedal. Foto : phys.org

 

sumber : 12 Extremely Strange Animal Feet

 

Exit mobile version