Mongabay.co.id

Miris.. Ini Penampakan Penyu Belimbing Seukuran Perahu yang Ditemukan Mengambang

Berikut adalah hal yang pasti tidak ingin Anda lihat saat berjalan di pantai di Inggris, seekor penyu yang sangat besar.

Richard Pears dan James Mustoe, bersama anak-anak James yaitu Barnaby dan Reuben, baru saja kembali dari perjalanan setelah mengamati satwa liar di lepas pantai Polkerris di Cornwall ketika mereka melihat sesuatu yang tiba-tiba muncul di depan mereka.

“Kami melihat benda ini mengambang di air dari jauh dan tidak bisa menebak apa itu,” menurut penuturan Mustoe kepada IFLScience.

Setelah semakin dekat ke objek misterius tersebut, mereka menyadari bahwa itu sebenarnya adalah bangkai penyu belimbing yang membusuk. “Saya tercengang. Hal ini mengejutkan,” kata Mustoe.

baca : Penyu Belimbing Ini Terjaring Nelayan, Mau Diselamatkan, Malah Hilang. Kok Bisa?

 

Seekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea) yang mati mengambang di perairan pesisir pantai Polkerris, Cornwall, Inggris. Foto : James Mustoe/IFLScience

 

“Ketika kami menyadari apa itu, hal itu sangat menyedihkan tetapi juga mengagumkan ketika dapat melihat dengan langsung sesuatu yang langka dan berukuran sebesar itu, yang hanya terombang-ambing di laut seperti itu, pasti ini merupakan pengalaman sekali dalam seumur hidup. Saya memberi tahu anak-anak saya bahwa itu adalah sesuatu yang bisa mereka ceritakan kepada cucu-cucu mereka di tahun-tahun mendatang. ”

Bangkai penyu tersebut digambarkan seperti ‘ukuran perahu kecil’. Ukuran sebesar itu menunjukkan bahwa kura-kura itu bisa hidup mencapai hingga 100 tahun ketika ia mati.

Penyu belimbing cenderung bergerombol dan bersarang di pantai berpasir di dekat samudera tropis dan subtropis, namun, mereka memiliki wilayah jelajah (home range) yang luas, membentang di seluruh perairan besar Atlantik, Pasifik Timur, dan Pasifik Barat. Namun demikian, menemukan penyu jenis ini di pantai selatan Inggris hampir tidak pernah ada dalam sejarah.

baca juga : Menyedihkan.. Dua Penyu Belimbing Raksasa Ini Stress dan Luka Ditangkap Nelayan. Bagaimana Akhirnya?

 

Seekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea) yang mati mengambang di perairan pesisir pantai Polkerris, Cornwall, Inggris. Foto : James Mustoe/IFLScience

 

“Penyu belimbing memang berada di perairan Inggris, namun mereka hanya hidup di lautan,” Three Bays Wildlife Group, kelompok satwa liar setempat yang terlibat dengan pemeriksaan ilmiah binatang itu, mengatakan kepada IFLScience.

“Mereka tersebar sisi timur Atlantik melewati Inggris. Memang, satu lagi mati yang hanyut di Marazion 12 hari yang lalu, satu dipotong dari tali pot di teluk St. Austell beberapa minggu yang lalu, dan seorang teman keluar berlayar dan melihat salah satu ekor penyu berenang. ”

Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) masuk dalam daftar hewan berstatus ‘rawan’ (vulnerable) pada Daftar Merah IUCN. Populasinya secara global terdiri dari tujuh sub-populasi yang tersebar di seluruh dunia. Meskipun beberapa subpopulasi benar-benar meningkat berkat program konservasi, populasi secara umum justru menurun. Banyak ancaman mereka termasuk polusi, pembangunan di daerah pesisir, yang secara tidak sengaja ditangkap oleh nelayan, dan juga perubahan iklim.

menarik dibaca : Penelitian: Sarang Penyu Belimbing di Papua Barat Musnah 78% Dalam Tiga Dekade

 

Seekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea) yang mati mengambang di perairan pesisir pantai Polkerris, Cornwall, Inggris. Foto : James Mustoe/IFLScience

 

Exit mobile version