Mongabay.co.id

Ini 7 Hewan Paling Aneh Di Muka Bumi

Ada jutaan spesies satwa di muka bumi, dan para ilmuwan bahkan belum menyakin berapa banyak total jumlah satwa.

Dari jutaan jenis satwa tersebut, ada beberapa yang bentuknya paling aneh. Berikut 7 diantaranya yang dikutip dari conservation institute :

 

Mole Hidung Bintang. Foto : Hillbrath/Flickr/ Conservation Institute
  1. Mole Hidung Bintang

Dari samping, mole ini hanya terlihat sedikit aneh, tetapi bila dilihat dari depan, mengejutkan. Banyak orang melihat hidung dengan organ seperti tentakel aneh terlihat jelek. Kenyataannya, 11 pasang organ pelengkap pada moncong itu cukup menakjubkan, yang mengandung lebih dari 25.000 reseptor sensorik yang disebut organ Eimer. Itu adalah alat sensorik utama makhluk, dan para ilmuwan percaya itu organ itu dapat mendeteksi gelombang seismik.

 

Katak Microhyla-nepenthicola. Foto : Vil Sandi/Flickr/Conservation Institute
  1. Katak Microhyla nepenthicola

Katak berukuran sangat kecil ditemukan di Kalimantan pada 2010. Ketika para peneliti pertama kali menemukan katak kecil itu, mereka mengira itu adalah anakan. Sejak itu, yang lain telah ditemukan, dan sekarang para peneliti tahu bahwa bahkan katak dewasa pun ukuran badannya tidak lebih setengah inci panjangnya.

 

Spon Kecapi. Foto : Emily G Round/Flickr/Conservation Institute
  1. Spon Kecapi

Jika ingin menemukan makhluk yang aneh, maka menyelamlah jauh ke dalam lautan. Daam kedalaman yang gelap, tersembunyi jenis penghuni yang menarik. Seperti spon kecapi yang terlihat seperti candelabra yang berada di dasar lautan. Terlepas dari penampilannya yang halus dan elegan, spon kecapi berbahaya bagi krustasea yang merupakan makanannya.

 

Ikan Es. Foto : Wikimedia/Conservation Institute
  1. Ikan Es

Ikan es hidup di laut sekitar Antartika. Mereka memiliki adaptasi yang luar biasa hebat terhadap air dingin. Alih-alih darah mengalir melalui pembuluh darah mereka, mereka memiliki semacam anti-beku alami yang mempertahankan suhu tubuh mereka.

 

Babi Laut. Foto : Neptune Canada/Flickr/Conservation Institute
  1. Babi Laut

Babi laut tidak lah seperti babi, tetapi sebenarnya semacam teripang dengan kaki. Terlihat cenderung terlihat agak gemuk dan bulat. Babi laut menghuni dasar laut dari setiap samudra di dunia, termasuk Antartika. Seringkali mereka bepergian dalam kelompok besar, kadang-kadang dalam ratusan.

 

Man-of-War. Foto : Thomas Quine/Flickr/Conservation Institute
  1. Man of War

Secara teratur keliru dianggap sebagai ubur-ubur, man-of-war sebenarnya adalah siphonophore. Yaitu hewan yang terdiri dari koloni organisme yang bekerja sama berfungsi sebagai satu.

 

Sea Squirt. Foto : Peter Liu/Flickr/Conservation Institute
  1. Sea Squirt

Satwa laut bernama sea squirt ini. Ia pemakan otaknya sendiri, yang menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam tahap larva. Ketika menemukan dasar laut yang bagus untuk menetap, kemudian menetap. Dan mulai

Makan diri sendiri, dari insang, mata, notochord dan otak diserap. Semua bagian tubuh itu dimakan karena tidak dibutuhkan lagi untuk bergerak. Semua organ itu kemudian didaur ulang untuk menciptakan sistem tubuh baru, termasuk sistem pencernaan, reproduksi, dan peredaran darah.

 

Exit mobile version