Mongabay.co.id

Secara Teori, Seluruh Laba-Laba Di Planet Bumi Bisa Menghabiskan Manusia Kurang Dari 1 Tahun

Dunia internet digemparkan oleh sebuah artikel yang diterbitkan oleh Washington Post beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa jika seluruh laba-laba bisa bekerjasama satu sama lain, maka mereka bisa memakan seluruh manusia di planet bumi dalam jangka waktu setahun.

Secara matematis, apakah hal ini akurat?

Laba-laba ada di sekitar kita, di kamar tidur, kamar mandi, langit-langit rumah, atau di tembok rumah kita. Kebanyakan laba-laba memakan serangga, meskipun beberapa dari spesies laba-laba yang lebih besar diketahui memangsa kadal, burung, dan bahkan mamalia kecil. Beberapa waktu lalu, dua ahli biologi Eropa baru-baru ini berhitung-hitung: Jika kita menghitung semua makanan yang dimakan oleh seluruh populasi laba-laba dunia dalam satu tahun, berapa jumlahnya?

Martin Nyffeler dan Klaus Birkhofer mempublikasikan hasil studi mereka dalam jurnal Science of Nature awal bulan ini. Hasil penghitungan keduanya sangat mengejutkan;  seluruh laba-laba di bumi  mengkonsumsi antara 400 juta hingga 800 juta ton mangsa setiap tahun. Sebagai perbandingan,  ada 7 miliar manusia di planet ini yang memakan total 400 juta ton daging dan ikan setiap tahun. Menurut penelitian ini, total biomassa manusia dewasa adalah 287 juta ton, yang berarti laba-laba dapat memakan manusia hanya dalam waktu kurang dari satu tahun.

 

Untuk sampai pada angka ini Nyffler dan Birkhofer melakukan penelitian dan estimasi canggih berdasarkan   A.) berapa banyak laba-laba yang hidup di  1 meter persegi  tanah di berbagai  habitat utama di Bumi, dan B.) jumlah rata-rata makanan yang dikonsumsi oleh laba-laba dengan ukuran berbeda pada tahun tertentu.

Angka-angka ini menghasilkan beberapa fakta menarik sendiri. Dalam studi tersebut, disampaikan bahwa  kepadatan (densitas) laba-laba rata-rata secara global adalah sekitar 131 laba-laba per meter persegi.

Jika  semua laba-laba di planet ini ditimbang 25 juta ton, menurut Nyffler dan Birkhofer. Sebagai perbandingan, Titanic memiliki berat sekitar 52.000 ton.

Ahli biologi laba-laba menyatakan  bahwa laba-laba mengonsumsi makanan seberat sekitar 10 persen dari berat badan mereka per hari.  Artinya, perlu kawanan laba-laba dengan berat total sekitar 900 kg untuk bisa memakan satu manusia dewasa.

Tentu saja ini hanya perhitungan analogis saja, karena laba-laba tidak memangsa manusia, justru sebaliknya, membantu manusia memakan serangga penganggu maupun hama tanaman.

 

Laba-laba peloncat atau Salticidae. Laba-laba merupakan hewan yang paling banyak ditemukan di berbagai tempat, dengan jumlah 6080 species dalam 635 genera. Foto : Anton Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Sumber : washington post, sciencemag, the verge

Exit mobile version