Mongabay.co.id

Makhluk Misterius Mirip Cacing Raksasa Mengejutkan Penyelam di Selandia Baru

 

 

Dua penyelam yang menjelajahi lepas pantai utara Selandia Baru dikejutkan dengan temuan yang mereka dapatkan. Sosok makhluk misterius berbentuk cacing raksasa,   sekitar delapan meter lebih, terekam lensa kamera.

Rekaman itu diambil oleh Steve Hathaway dan Andrew Buttle yang menyelam di perairan lepas pantai Whakaari, sebuah stratovulkano aktif di sebuah pulau di ujung utara Selandia Baru, 25 Oktober 2018.

Baca: Ternyata, Makhluk Hidup Dasar Laut Makan Sampah Plastik Buangan Manusia

 

Penemuan makhluk misterius berbentuk cacing sepanjang 8 meter lebih ini mengejutkan penyelam. Foto: CATERS NEWS AGENCY via The Sun

 

Video yang beredar menunjukkan, hewan berongga warna pink yang bentuknya mirip kondom raksasa, perlahan mengambang di kedalaman sekitar 10 meter. Video ini sempat viral di sosial media beberapa waktu lalu.

Buttle mengatakan, ini adalah pyrosome, koloni ribuan organisme individual yang disebut zooids.

“Karena belum pernah melihat langsung, saya cukup terkejut melihat mahluk ini ada,” kata Buttle. “Ini sangat membingunkan, sekaligus fantastis,” tuturnya sebagaimana dikutip dari The Sun.

Baca: Makhluk Luar Biasa Pengontrol Kehidupan Laut

 

Makhluk ini merupakan pyrosome, koloni ribuan organisme individu yang disebut zooids. Foto: CATERS NEWS AGENCY via The Sun

 

Menurut Buttle, pulau tempatnya menyelam berjarak 48 kilometer dari pulau utama. Laut di sekitarnya banyak terdapat ikan kecil dan nutrisi. Ini membuat pyrosome datang.

Pyrosome jarang muncul di perairan dangkal, biasa hidup di kedalaman 2.000 meter. “Begitu muncul ke perairan dangkal, biasanya akan dimakan ikan-ikan,” katanya.

Baca: Monster Laut Berbulu Putih Ini Membuat Ilmuwan Terkesima

 

Pulau vulkano ini berjarak 48 kilometer dari pulau utama, lokasi ditemukannya pyrosome. Foto: CATERS NEWS AGENCY via The Sun

 

Secara harafiah, pyrosome berarti “tubuh yang menyala”. Tubuh yang mengeluarkan cahaya hijau-biru terang ini akan menyala ketika merasa terancam atau disentuh, atau saat merespon cahaya lain. Tak seperti organisme plankton, cahaya yang keluar dari pyrosome lebih kuat dan terang, menyala terus dan terlihat dari jarak jauh.

Tubuh pyrosome yang dijuluki unicorn laut ini, dapat tumbuh hingga ukuran ‘raksasa’, kadang-kadang melebihi dua belas meter. Bahkan, ada yang bisa mencapai tiga puluh meter dan menyelam hingga kedalaman 500-700 meter di bawah permukaan laut.

Baca juga: Makhluk-Makhluk Laut dengan Wujud yang Tak Biasa

 

 

Pyrosome bergerak dengan bantuan arus air laut, tetapi juga mampu menggerakkan diri dengan bantuan air yang mereka saring, meskipun pergerakannya sangat lambat. Menurut beberapa penyelam yang berhasil menyentuhnya, satwa ini memiliki tubuh yang sangat lembut dan halus.

 

 

Exit mobile version