Mongabay.co.id

Ilmuwan Dibuat Bingung dengan Penemuan Makhluk Aneh ini

Apakah gerangan makhluk aneh ini? | FB Tim Clerke

 

Seorang ibu rumah tangga di Auckland, kota terbesar di Selandia Baru, dibuat terkejut bukan main saat dia menemukan makhluk-makluk mini aneh yang tak pernah dia lihat sebelumnya. Serta merta dia memanggil anak laki-lakinya untuk memeriksa.

Tim Clerke, sang anak, juga dibuat bingung ketika melihat makhluk-makhluk mirip tikus mini tersebut menggeliat-geliat di lantai dapur ibunya. Dia kemudian memungut beberapa individu makhluk tersebut, memotret dan merekamnya, dan kemudian mengunggahnya di sosial media.

Dalam waktu singkat, foto-foto tersebut menjadi viral tak hanya di Selandia Baru, akan tetapi di seluruh dunia. Dalam klip pendek spesimen itu terlihatlah keanehannya, dengan bagian tubuh bulat kecil dan ekor tipis panjang. Makhluk itu kemudian tersorot tengah menggeliat-geliat di telapak tangan.

Di instagram dan twitter di Indonesia, gambar-gambar dan videonya juga cukup menyita perhatian. Di page Tim Clerke saja, video pendeknya sudah ditonton lebih dari setengah juta kali.

baca :  Makhluk Aneh dari Kebumen Ini Membuat Kita Merinding

 

Seorang ibu rumah tangga di Auckland, Selandia Baru, terkejut ketika menemukan makhluk-makluk mini aneh yang tak pernah dia lihat sebelumnya. Foto : facebook Tim Clerke

 

Meski begitu, belum ada satupun yang bisa memberikan jawaban yang pasti mengenai apa sebenarnya makhluk tersebut. Ada yang menyebutnya kelelawar mini, tikus mini, ada juga yang menyebutnya sebagai bagian tubuh makhluk lain yang terpisah.

Seorang ahli entomologi dari Biosecurity Selandia Baru memberi tanggapan bahwa bisa jadi, makhluk itu adalah kaki yang terlepas dari seekor ngengat. “Sepertinya, itu adalah kaki ngengat yang terpisah dari tubuhnya saat dimakan seekor kucing” kata juru bicara Biosecurity Selandia Baru seperti dilansir Yahoo!7.

Makhluk dan pulpen sebagai skala | FB Tim Clerke

Pendapat yang lain pun muncul. Pakar serangga Eric Edwards dari  Departemen Konservasi Selandia Baru memperkirakan bahwa bisa jadi, makhluk-makhluk tersebut adalah belatung berekor tikus. Menurut keterangannya, belatung ekor tikus merupakan larva hoverflies atau lalat bunga.

baca juga : Makhluk Misterius Mirip Gumpalan Otak ini Menghebohkan Internet

 

Makhluk mirip tikus mini itu menjadi viral setelah anaknya mengunggah video tersebut ke sosial media. Foto : facebook Tim Clerke

 

Ciri khas makhluk tersebut adalah ekor seperti tabung yang berfungsi sebagai ”alat snorkeling”, memungkinkan larva menghirup udara saat di bawah air. Mereka dapat hidup di air yang menggenang, kurang oksigen, dan dapat ditemukan di tempat yang lembab seperti toilet.

Meski belum ada konfirmasi lebih lanjut, beberapa hari sebelumnya seorang backpacker Australia menemukan sesuatu yang mirip dengan makhluk tersebut di Danau Bolac, Victoria Barat. Dan setelah diposting di sosial media, seorang ahli entomologi menyatakan bahwa makhluk tersebut adalah larva hoverfly, yang lebih dikenal sebagai belatung berekor tikus.

sumber : dailymail, yahoo7, nzherald.

menarik dibaca :  Ini 7 Hewan Paling Aneh Di Muka Bumi

 

Exit mobile version